Jalan Sapan-Majalaya Cepat Rusak

by -51 views

Jalan Sapan-Majalaya Cepat Rusak

Jatinangorku.com – Jalur alternatif jalan Sapan-Majalaya yang melintasi Desa Rancakasumba dan Bojongemas, Kec. Solokanjeruk, Kab. Bandung, berkali-kali diaspal dan dihotmix. Namun perbaikan jalan tidak bertahan lama karena tidak didukung dengan penataan saluran pembuangan air cileuncang. Sehingga badan jalan cepat rusak, seperti terlihat saat ini.

Untuk itu, sejumlah pihak berharap agar jalan jalan kabupaten ini dicor meski biayanya cukup besar. 

Pantauan “GM”, Senin (23/9), jalur jalan mengalami kerusakan cukup parah di sejumlah titik sehingga mengancam keselamatan para pengendara. 

“Kita sebagai aparat desa mengharapkan, jalan Sapan-Majalaya yang melintasi wilayah kami dicor. Soalnya jalan tersebut ramai dilewati pengendara,” kata Kepala Desa Rancakasumba, Jajat Sudrajat, S.Sos. kepada “GM” di kantor kades, kemarin.

Menurut Jajat, pengecoran akan meningkatkan kualitas jalan. Meski memang sudah ada dua titik yang dibeton.

Dia juga mempertanyakan kinerja anggota DPRD Kab. Bandung asal Kec. Solokanjeruk. Seharusnya, keterwakilan warga membuat infrastruktur jalan menjadi lebih berkualitas. Perbaikan jalan bagian dari pelayanan kepada warga.

“Pembangunan jalan ini seperti tak ada peningkatan. Seharusnya, jalan Sapan-Majalaya itu paling bagus. Asa teungteuingeun, jalan diantep ruksak,” katanya 

Ia berharap, wakil rakyat dari Kec. Solokanjeruk mampu me-nyerap aspirasi masyarakat, khususnya dalam perbaikan jalan. Sebab perbaikan jalan di luar kemampuan aparat desa.

“Masyarakat hanya bisa melakukan swadaya. Seperti memperbaiki tiga gorong-gorong yang rusak. Meski untuk memperbaikinya kewenangan Dinas PU Bina Marga Kab. Bandung,” katanya.

Untuk meminimalisasi kerusakan jalan tersebut, sejumlah warga secara swadaya menguruk jalan berlubang dengan pasir dan batu. Namun pengurukan harus dibarengi pembetonan, sesuai harapan warga.

Sumber : http://klik-galamedia.com