Jalan Sumedang-Bandung Macet Total, Kawasan Cadas Pangeran Tertutup Longsor

by -46 views

Jalan Sumedang-Bandung tertutup longsor di kawasan Cadas Pangeran blok Pasir Ucing, Cilengsar, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (23/9/2016) pukul 20.40. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut dan tebing yang ada di sebelah kanan aras Sumedang menutup jalan.

Akibat longsoran ini, arus kendaraan macet total karena semua ruas jalan tertutup material longsor dan pepohonan. “Longsornya persis di tikungan Pasir Ucing, Cilengsar yang ada rambu bahaya longsor. Hujan deras sekali dan tebing yang sebelumnya juga longsor kembali longsor. Sekarang lebih besar,” kata Ato warga yang rumahnya ada di bawah jalan blok Cilengsar.

Menurutnya, tebing di kawasan Pasir Ucing itu memang sangat rawan longsor. “Pohon-pohonnya banyak yang sudah miring dan pindah dari tempat asal,” katanya.

Kendaraan besar harus diparkirkan dan menunggu, material disinggkirkan dengan alat berat. Sementara kendaraan kecil dihimbau masuk arah Rancakalong dari kedua arah. “Kendaraan besar tak bisa masuk Rancakalong karena bebannya berat dan kawasan jalan ke Rancakalong juga rawan longsor,” kata Kasatlantas AKP Umar Setiawan