Jalur Mudik Sumedang Siap Dilewati Pemudik

by -24 views

Jatinangorku.com – Sejumlah ruas jalan di wilayah Kab.Sumedang, sudah siap dilewati pemudik, Lebaran 1436H. Bahkan jalur rawan kecelakaan, seperti di jalan Kawasan Cadas Pangeran sudah dalam kondisi mantap. Kecuali itu, disejumlah titik masih terdapat jalan yang bergelombang.

“Secara gambaran umum, situasi dan kondisi ruas jalan diwilayah Kab.Sumedang, termasuk di kawasan Cadas Pangeran, cukup aman, dan relative mantap,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kab.Sumedang, Sujatmoko, Selasa (7/7/2015), di ruang kerjanya.

Menurutnya, berbagai fasilitas untuk membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sudah dilengkapi. Diantaranya dengan menambah jumlah penerangan jalan umum (PJU), memasang rambu lalu lintas termasuk spanduk dan baliho, disejumlah titik rawan kecelakaan dan bencana alam, serta dilokasi rawan pohon tumbang.

“Sesuai arahan pimpinan, sejumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait, yang meliputi Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika serta Dinas Sumber Daya Energi dan Pertanahan Sumedang, termasuk dari unsur Kepolisian secara bersinergis, telah melakukan berbagai persiapan dilapangan, untuk menyambut musim mudik Lebaran tahun ini,” terang Sujatmoko.

Melihat berbagai persiapan yang sudah dilakukan, khususnya dijalur utama (jalan nasional) dan provinsi yang ada di wilayah Sumedang, pihaknya, memastikan secara teknis maupun kesiapan personal, sudah tidak ada masalah.

Disamping itu, guna menjalami kelancaran lalu lintas selama musim mudik, beberapa jalur alternative diwilayah Kab.Sumedang, tetap menjadi perhatian. Misalnya, ruas Jalan Simpang-Parakanmuncang, Cimalaka – Cipadung, Cipadung-Cisempak, Sukajadi-Lemahsugih, Buahdua-Sanca dan Pamulihan-Rancakalong, sudah dalam kondisi siap.

“Bahkan, sudah bisa dibilang, jalur tersebut cukup aman dan sudah siap untuk menyambut limpahan pemudik. Walau demikian, masyarakat tetap harus meningkatkan kewaspadaan, selama dalam perjalanan, sehingga bisa tiba di tempat yang dituju dengan selamat,” tandasnya.

Meski begitu, tambah Sujatmoko, masyarakat tetap diminta tetap waspada saat melintas di daerah rawan bencana longsor dan tanah amblas .

“Selain kawasan Cadas Pangeran, masih ada beberapa lokasi lainya yang masuk dalam status daerah rawan kecelakaan. Misalnya seperti di Tanjangkan Cae Kec.Wado, Kawasan Nyalindung Kec.Paseh dan Blok Paniis, Wilayah Kec. Rancakalong. Selain rawan longsor dan tanam amblas, jalur tersebut memiliki medan jalan menurun dengan tikungan yang cukup tajam,” ungkapnya

Sumber : http://www.galamedianews.com/