Jalur Puncak Ditutup Mulai Pukul 18.00 WIB

by -18 views

Jatinangorku.com – Satlantas Polres Bogor Kabupaten, Jawa Barat, akan menutup jalur Puncak pada malam pergantian tahun selama 12 jam mulai pukul 18.00 hingga 06.00 WIB sehingga menyarankan pengunjung ke kawasan itu berangkat lebih awal.

“Jalur Puncak akan ditutup pada 31 Desember mulai pukul 18.00 WIB dan baru akan dibuka kembali pukul 06.00 WIB keesokan harinya. Jadi, siapa yang ingin bermalam tahun baru di Puncak, ada baiknya berangkat lebih awal sebelum jalur ditutup” kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji, di Bogor, Rabu (30/12/2015).

Ia mengatakan, upaya penutupan jalur Puncak juga sudah pernah dilakukan tahun lalu, langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah kemacetan di jalur Puncak pada malam tahun baru.

Dikatakannya, penutupan arus menuju Puncak akan dilakukan mulai dari Gerbang Tol Jagorawi, Gadog dan Ciawi. Kendaraan yang ingin menuju Puncak dari Ciawi akan dialihkan ke Jalan Raya Tajur Kota Bogor. Untuk bisa ke Puncak warga bisa menggunakan jalur Sukabumi dan Jonggol.

Untuk kendaraan roda dua masih diperbolehkan melintas. Tetapi, untuk mengurai kepadatan arus, dialihkan ke jalur alternatif masuk dari samping TMC Polres Bogor Pos Gadog, dan Ciawi.

“Kami menerjukan 250 personel Satlantas Polres, dibantu jajaran Polsek, dan anggota tim Operasi Lilin Lodaya. Petugas kita tempatkan di sepanjang jalur Puncak setiap 50 meter,” katanya.

Bramastyo menyebutkan, informasi penutupan jalur Puncak pada malam tahun baru telah disebarluaskan kepada masyarakat baik melalui media sosial TMC Polres Bogor, pengumuman, dan pemberitaan media.

“Sejak dua minggu lalu informasi penutupan sudah kita sampaikan ke rekan-rekan media, dan TMC Polres Bogor,” katanya.

Ia menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada malam tahun baru, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dengan meningkatkan kewaspadaan selama berkendaraan.

“Perhatikan kondisi kendaraan, jaga kondisi badan, dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Terutama kalau sudah mau turun hujan, waspadai kabut yang turun, kurangi kecepatan utamakan keselamatan,” katanya.

Jalur Puncak menjadi incaran warga untuk merayakan malam tahun baru, lokasinya yang berada diketinggian dapat menyaksikan pemadangan kembang api yang disulut dari berbagai penjuru Bogor. Selain itu, tempat wisata sekitar juga menawarkan program perayaan tahun baru seperti kembang api, maupun hiburan musik.

Titik yang menjadi pusat perkumpulan masyarakat merayakan malam tahun baru seperti, Pasar Cisarua, TSI, Tugu Kecap, Masjid Attawaun, Riung Gunung dan Rindu Alam.

Sumber : http://www.galamedianews.com/