Jangan Abaikan Sakit di Telapak Tangan, Bisa Jadi Itu Carpal Tunnel Syndrome

by -16 views

Jangan Abaikan Sakit di Telapak Tangan, Bisa Jadi Itu Carpal Tunnel Syndrome

Jatinangorku.com – Meskipun bukan organ vital, namun tangan adalah salah satu organ yang sangat penting dan terlibat dalam setiap aktivitas keseharian Anda. Karena inilah, mau tidak mau Anda juga harus memperhatikan kesehatan tangan Anda, terutama telapak tangan.

Seringkali, sebagai wanita karir yang bekerja di kantor, Anda akan merasa lelah saat mengetik keyboard komputer karena menggunakan kesepuluh jari Anda. Jangan mengabaikan hal ini, Ladies. Mungkin nyeri itu akan berangsur-angsur menghilang dan Anda akan kembali bisa mengetik dengan nyaman lagi. Namun hal ini perlu diwaspadai, karena mungkin saja itu adalah sindrom carpal tunnel (sindrom lorong karpal).
 
Berdasarkan kutipan dari www.everydayhealth.com, wanita memiliki risiko 3 kali lipat terkena sindrom carpal tunnel daripada laki-laki, dan mungkin ini disebabkan oleh ukuran tangan wanita yang lebih kecil, namun menerima tekanan yang sama besar dengan apa yang dialami pria. Carpal tunnel sindrom yang menyerang bagian syaraf-syaraf yang mengontrol gerak kesepuluh jari Anda terletak pada ujung tengah telapak tangan Anda. 

Wanita yang bekerja dengan menggunakan lebih banyak kekuatan di pergelangan dan telapak tangan mereka lebih banyak mengalami resiko sindrom ini seperti misalnya memotong daging, menjahit, membuat kue, memasak dan mengetik. Tanda-tanda yang jelas dan biasa muncul seperti nyeri, mati rasa, lemah, dan sulit digerakkan. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres tangan dengan air hangat selama beberapa jam dan mengompresnya lagi lebih lama saat malam hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari peradangan di dalam syaraf yang terlalu lelah dan telah seharian dipakai. Jika tidak juga membaik rasa nyeri yang diderita, maka suntikan kortisol dari dokter mungkin bisa diberikan. Jika sudah parah, jalan satu-satunya adalah dengan operasi.

Jadi, jika Anda mengalami nyeri pada pergelangan tangan atau telapak tangan, berhentilah paling tidak 30 menit dan jangan biarkan nyeri ini bertambah parah. Hal ini perlu dilakukan jika Anda tidak mau absen lama dari kantor Anda.

Sumber : http://www.vemale.com/