Jasa Marga Jabar Catat Volume Kendaraan Naik 40 Persen

by -18 views

 

Petugas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Jawa Barat mencatat ada peningkatan 40 persen kendaraan yang melintas di gerbang tol (GT) Cikarang utama, karena adanya lonjakan kendaraan memasuki musim liburan panjang.

“Volume kendaraan meningkat menjadi 108.947 dari prediksi semula 106.594 kendaran yang melintas di GT Cikarang Utama,”kata Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Imam Abriyanto di Kota Bekasi, dilansir dari Antara,Kamis (5/5/2016).

 Menurut dia peningkatan ini melebihi libur Natal tanggal 23 Desember 2015 yaitu 107.071 kendaraan.

Ia mengatakan pemberlakuan pelebaran jalan menjadi empat ruas jalan arah Cikampek dan dua masuk Jakarta dari Km 32-41 sudah dimulai pukul 12.00 WIB hingga sekarang.
 “Pemberlakuan itu untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada ruas lalu lintas arah tol Cikarang hingga Cikampek,” katanya.

Iwan menjelaskan kecepatan kendaraan yang melalui ruas jalan berkisar 40-60 Km per jam. Pemberlakuan buka tutup jalan di tempat istirahat pengemudi (TIP) sudah berlangsung pada Km 19, 33, dan 57, sedangkan Km 39 masih dalam persiapan.

“Pemberlakuan buka tutup di TIP dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan arah Cikapek, Bandung, serta Cirebon,” kata Iwan.

Menurut dia, untuk arah Cikarang Timur dan Barat lalu lintas tol terlihat lengang serta sepi.

“Ini karena terjadi penumpukkan volume kendaraan di GT tol Cikarang utama arah Cikampek,” katanya.

 Ia mengatakan kemacetan itu karena di GT Cikarang utama termasuk gardu besar serta tempat berkumpulnya kendaraan yang mau menuju ke Jawa Tengah maupun kearah Jawa Barat (Bandung, Cirebon, dan lain sebagainya).

“Kemacetan ini didominasi oleh mobil-mobil pribadi dari pada truk muatan barang yang hendak berpergian ke Jawa Tengah,” katanya