Jatigede dan Salam Darma Tak Jangkau Lima Kecamatan di Pantura

by -48 views
Jatinangorku.com – Keberadaan Waduk Jatigede di Sumedang dan Bendung Salam Darma di Subang ternyata belum bisa menjangkau keseluruhan areal pertanian di pantura Kabupaten Indramayu. Masih ada sedikitnya lima kecamatan yang belum tersentuh dan menjadi kecamatan paling parah terkena bencana kekeringan saat kemarau maupun banjir saat musim hujan.
 
Kelima kecamatan itu masing-masing Terisi, Kroya, Gabuswetan, Kandanghaur dan Losarang. Letak lima kecamatan itu berada di ujung saluran irigasi teknis baik Salam Darma dari wilayah barat yang merupakan rangkaian prasarana pengairan Waduk Jatiluhur di Purwakarta, maupun Bendung Rentang yang kini menjadi jaringan irigasi Waduk Jatigede di Sumedang.
 
“Tadinya kami berharap, dengan dioperasikannya Jatigede, saluran irigasinya akan bisa menjangkau sampai lima kecamatan itu. Ternyata, sampai sekarang kita belum tahu apakah pemerintah memiliki rencana memanjangkan daya jangkau irigasi sampai di lima kecamatan tadi,” tutur H. Sutatang, Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) 
 
KTNA sangat memperhatikan kondisi di lima kecamatan itu. Lembaga petani dan nelayan itu meminta pemerintah untuk melanjutkan program yang sempat terhenti, yaitu pembangunan Waduk Cipanas. Menurutnya, Waduk Cipanas menjadi solusi untuk mengatasi masalah perairan di lima kecamatan tersebut.

“Kami mendesak pemerintah kembali melanjutkan pembangunan Waduk Cipanas. Waduk itu memang diperuntukan bagi lima kecamatan yang di luar jangkauan Salam Darma dan Jatigede,” tutur Sutatang.

Sumber : http://www.galamedianews.com/