Jatinangor Bangun Semangat Kebersamaan

by -41 views

Jatinangor Bangun Semangat Kebersamaan

Jatinangorku.com – Sejumlah organisasi kepemudaan (OKP), organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kewartawanan, pelaku seni budaya, pengusaha, dan perangkat Desa Jatinangor berupaya membangun semangat dan kebersamaan warga Jatinangor dengan menggelar “Jatinangor Hade Kasohor”.

Kegiatan sebagai rangkaian HUT ke-14 Jatinangor itu dimaksudkan untuk memetakan berbagai potensi di wilayah Jatinangor

Ketua panitia HUT Jatinangor, Zaenal Mutaqin, didampingi pengurus Dewan Kesenian Jatinangor (DKJ), Satia Santana, menuturkan, perayaan HUT Jatinangor sebenarnya jatuh pada 21 April 2014. Namun, karena molornya perayaan yang terganggu agenda pemilu legislatif, acara perayaan dimundurkan.

“Puncak acaranya digelar dari tanggal 4 Mei 2014 sampai 18 Mei 2014. Kegiatannya dibagi menjadi dua konsep acara, di antaranya arak-arakan kuda renggong, reak, kuda lumping, dan pawai desa,” kata Zaenal saat ditemui wartawan di kantor Kecamatan Jatinangor.

Berbagai potensi seni, budaya, keagamaan, dan olahraga dari 12 desa pun diperlombakan.

“Konsep acara lainnya berupa panggung terbuka yang menampilkan berbagai talent di bidang seni tradisional seperti seni buhun dan kontemporer yang mencakup seni karinding, tarawangsa, degung, dan reog,” paparnya.

Tujuan acara, menurutnya, agar semua seni tradisional di Jatinangor tetap bisa mengudara dan tidak termakan zaman sekaligus menciptakan generasi baru berbakat dibidang seni dan budaya.

“Panitia juga menggelar acara diskusi tematik budaya untuk meraih rekomendasi perkembangan seni dan budaya, serta pameran ekonomi kreatif,” katanya.

Sementara, Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan, berharap segala potensi yang ada di Jatinangor bisa dikembangkan dan lebih maju.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/