Jatinangor Butuh Ruang Publik

by -15 views

Jatinangor Butuh Ruang Publik

Jatinangorku.com – Sejumlah masyarakat di Kecamatan Jatinangor mendesak Pemerintah Kabupaten Sumedang segera memiliki alun-alun sebagai ruang publik dan membangun induk pemerintahan kecamatan (IPK).

Desakan warga tersebut sejalan dengan perkembangan pembangunan dan meningkatnya kebutuhan masyarakat yang harus segera dilayani oleh pemerintahan Kecamatan Jatinangor.

“Layanan masyarakat di tingkat Kecamatan Jatinangor harus disesuaikan dengan kultur wilayah, jumlah penduduk, dan tingkat kebutuhannya. Di sini terdapat ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” kata tokoh pemuda Kecamatan Jatinangor, Deden Doni Herlansyah, S.Pd. kepada “GM” saat ditemui di kantor Kecamatan Jatinangor, Minggu (13/7).

Deden menilai, kebutuhan masyarakat Kec. Jatinangor akan berbeda dengan kebutuhan masyarakat kecamatan lainnya, karena jumlah penduduk di Jatinangor terus bertambah seiring dengan perkembangan pendidikan dan ekonomi.

Didampingi anggota DPRD Kab. Sumedang dari Komisi D, Dadang Rohmawan, Deden mengatakan, Jatinangor harus segera memiliki ruang publik seperti alun-alun dan masjid agung.

“Lucu, kawasan pendidikan yang notabene menjadi tempat beberapa perguruan tinggi negeri bertaraf internasional, tak memiliki ruang publik,” kata Deden.

Caleg DPRD Kab. Sumedang terpilih periode 2014-2019 itu berharap agar usulan masyarakat disikapi dan menjadi skala prioritas sejalan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD serta Bupati Sumedang.

“Kalau jarak tempuh antara mapolsek, koramil, kantor kecamatan, dan kantor dinas atau badan berada dalam satu kompleks, tentu saja akan memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Koordinasi

Sementara itu, Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan didampingi Sekcam Dase Suheryana, berencana untuk melakukan koordinasi ke Bupati Sumedang. “Muspika Jatinangor sepakat dan menyetujui keinginan warga dengan alasan wacana tersebut jelas sekali besar manfaatnya bagi masyarakat,” kata Asep.

Menurutnya, desakan tersebut datangnya dari sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Jatinangor.

Namun, katanya, sebelum melangkah ke tahapan pembuatan proposal pengajuan ke Pemprov Jabar, pihaknya akan berkoordinasi dulu dengan Pemkab Sumedang.

“Benar, sudah saatnya Jatinangor memiliki alun-alun atau ruang publik lainnya. Dalam waktu dekat ini, kami segera menghadap Bupati Sumedang membahas usulan masyarakat Jatinangor itu,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/