Jatinangor “Dihiasi” Kolak

by

kolak-pisangjatinangorku.com – Sudah menjadi tradisi, sepanjang Jln. Ir. Soekarno, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang menjadi magnet bagi pedagang kaki lima (PKL) selama bulan Ramadan. 

Mereka berjejer di pinggiran jalan. Kebanyakan pedagang musiman yang khusus menjajakan penganan khas Ramadan seperti kolak, sop buah, sayuran, dan lauk-pauk untuk menu berbuka.

Salah seorang pedagang, warga Jatinangor, Asep (39) mengatakan, bersama puluhan pedagang lainnya mereka menjajakan makanan untuk takjil para pejalan kaki, pengendara, dan mahasiswa.

“Biasa, setiap bulan Ramadan saya menjual makanan khas puasa. Omzet lumayan, karena di Jatinangor ada ribuan mahasiswa,” katanya. Minggu (14/7).

Usaha ini dirasa menguntungkan karena pembali termasuk para pengendara yang melintasi jalur tersebut. “Keuntungan per hari bisa Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu. Lumayan Kang, daripada diam di rumah buat nambah-nambah,” katanya.

Pedagang lainnya, Engkus (39) mengaku dagangannya laris. “Jika masuk bulan puasa, saya selalui jualan di sini. Kendati mengganggu arus lalu lintas, namun semua pihak pasti memahaminya karena merupakan momen tahunan,” katanya.

Sementara Arif (23), salah seorang mahasiswa di Jatinangor mengatakan, keberadaan pedagang musiman merupakan keuntungan tersendiri.

sumber: klik-galamedia