Jatinangor Jadi Pusat Litbang Keamanan Cyber

by -68 views

Jatinangor Jadi Pusat Litbang Keamanan Cyber

Jatinangorku.com – Mendapat hibah dari Korea International Coorperation Agency (KOICA) sekitar 5,5 juta dolar, Institut Teknologi Bandung (ITB) mendirikan Cyber Security Research & Development Center (CSC). Gedung CSC tersebut diresmikan Kamis , 27 Februari 2014 di Kampus ITB Jatinangor.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ITB Yusep Rohmansyah mengatakan, dana tersebut digunakan untuk biaya bangunan, peralatan, biaya studi banding, serta training untuk penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Tujuan utama dari CSC ini ada dua. Pertama menyiapkan tenaga capable di bidang keamanan cyber. Apalagi sekarang sedang marak apa yang dinamakan penyadapan,” ujar Yusep ketika diwawancarai PRFM, Kamis (27/2). 

Tujuan kedua adalah menjalin kerja sama dengan kalangan pemerintah dan industri. Tujuan ketiga adalah membentuk kesadaran masyarakat untuk menjaga lebih apik identitas rahasia mereka.

“Nanti sebentar lagi ada talkshow mengenai keamanan Pemilihan Umum. Ada satu pakar pemilu keamanan cyber dari Korea Selatan yang akan menjadi sumber,” kata dia.

Sumber : http://prfmnews.com/