Jatinangor, Kawasan Pendidikan yang Tak Punya Jembatan Penyeberangan

by -14 views

Jatinangor, Kawasan Pendidikan yang Tak Punya Jembatan Penyeberangan Jatinangor menjadi satu di antara banyak kawasan pendidikan di Jawa Barat.

Di Jatinangor terdapat empat kampus besar yaitu kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Koperasi Indonesia (Ikopin), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Masing-masing kampus memiliki banyak mahasiswa yang membuat populasi penduduk di Jatinangor berbanding antara penduduk asli dan mahasiswa pendatang.

Sayangnya, dari sekian banyak mahasiswa yang menuntut ilmu dan tinggal di Jatinangor, tak ada satupun jembatan penyeberangan di kawasan pendidikan ini.

Menurut pantauan TribunJabar.co.id di wilayah Jatinangor, Jumat (18/8/2017), tampak mahasiswa maupun masyarakat menyeberang jalan secara sembarangan.

Arus lalu lintas di Jalan Raya Jatinangor yang terbilang padat menyulitkan para penyeberang jalan.

Belum lagi mobil-mobil besar seperti bus dan truk yang banyak melintas di Jalan Raya Jatinangor semakin membahayakan nyawa mahasiswa dan penduduk yang menyeberang jalan.

“Takut sih kalau menyebrang, apalagi di Jatinangor kan yang banyak itu truk-truk besar, tapi mau bagaimana lagi,” ujar Salsabila (20), mahasiswa Unpad.

Hal yang sama diungkapkan Dian Ardianan (22), mahasiswa Unpad.

Menurutnya, sangat berbahaya bila menyeberang jalan, terutama di malam hari karena kendaraan cenderung melaju dengan kecepatan tinggi.

Namun, menurutnya, tak ada pilihan lain karena tidak tersedia jembatan penyeberangan, zebra cross pun hanya tersedia di beberapa titik.

“Inginnya sih ada jembatan penyeberangan jalan, atau kalau tidak, ada petugas yang membantu menyeberangkan lah,” ujar Dian.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/