Jatinangor Punya Sarana Pengolahan Sampah Khusus

by -105 views

Kecamatan Jatinangor, membuat sarana pengolahan sampah di Dusun Cikuda, Desa Hegarmanah. Sarana itu sengaja dibuat, sehubungan masih banyak sampah rumah tangga yang berserakan di lingkungan penduduk termasuk di pinggir jalan.

Untuk menangani sampah, Kecamatan Jatinangor sempat melaksanakan kegiatan GPRS (Gerakan Pungut Rumput dan Sampah) di sepanjang Jalan Ir Soekarno dengan menggerakan 3.700 orang. Meski gerakan itu berhasil hingga di sepanjang jalan itu bersih, tentunya tidak bisa dilakukan setiap hari.

“Akan tetapi, permasalahan sampah tak bisa sepenuhnya menyalahkan masyarakat. Pemerintah juga wajib menyediakan sarana dan infrastruktur pembuangan dan pengolahan sampah yang memadai,” ujar Camat Jatinangor M. Wasman ketika ditemui di kantornya, Selasa 27 Desember 2016.

Menurut dia, kondisi penyediaan sarana dan aktivitas pembuangan sampah dari Kecamatan Jatinangor yang selama ini dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup, terasa berat. Selain pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibeureum di Kecamatan Cimalaka dinilai tidak menyelesaikan masalah sampah, juga jarak tempuhya sangat jauh. Satu kali pengangkutan sampah menggunakan truk, rata-rata bisa menghabiskan waktu 6 jam. Bahkan jika macet, bisa 7 sampai 8 jam. “Berangkat dari kondisi itu lah, sehingga kami sengaja membuat sarana pengolahan sampah sendiri,” kata Wasman