Jatinangor, Salah Satu Wilayah Cekungan Bandung yang Mengalami Perubahan Fungsi

by

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menyebut wilayah Jatinangor, Kabupaten Sumedang, masuk ke dalam wilayah cekungan Bandung dan berbatasan langsung dengan Kawasan Bandung Utara (KBU).

Wilayah Jatinangor adalah salah satu daerah resapan yang harus dipertahankan, namun realita saat ini, sebagian wilayah Barat Kabupaten Sumedang tersebut telah mengalami perubahan fungsi.

 

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Selasa (9/10/2018), di wilayah Jatinangor marak terjadi pembangunan komersil dan beberapa gunung, yakni Gunung Geulis serta Gunung Aseupan, berubah menjadi lahan pertanian sayur.

Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan, mengatakan, dalam tata ruang wilayah, Jatinangor terbagi ke dalam dua kawasan, yakni kawasan pendidikan dan kawasan lingkungan atau ruang terbuka hijau (RTH).

“Kawasan lingkungan ini, keberadaannya semakin terancam, bila sampai hilang, keberlangsungan di Cekungan Bandung akan terancam,” kata Dadan melalui sambungan telepon, Selasa (9/10/2018).

Berdasarkan peraturan daerah tentang pengendalian kawasan sekitar Bandung Utara, di wilayah tersebut hanya sekitar 20 persen saja yang diperbolehkan untuk dibangun, sedangkan 80 persennya harus tetap menjadi lahan hijau.

“Justru lahan hijau jauh lebih sedikit, maka dari itu pengembang harus menaati aturan tersebut,” katanya.

Imbas dari perubahan fungsi, kata Dadan, bencana banjir kerap kali melanda wilayah Kecamatan Rancaekek dan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, karena terjadinya kerusakan di wilayah hulu yang minim penyerapan.

“Di waktu kemarau masyarakat kekurangan air, sedangkan pada musim hujan kelebihan air atau dalam hal ini berarti banjir,” kata Dadan.

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com