Jatinangor Terancam Semrawut

by -157 views



JATINANGOR (GM) – Kawasan Jatinangor, Kab. Sumedang, terancam kumuh dan semrawut menyusul tingginya aktivitas masyarakat. Agar Jatinangor yang kini sudah jadi kawasan pendidikan terhindar dari ancaman kesemrawutan kota, pemerintah harus segera turun tangan mengantisipasi.

“Kesemrawutan kawasan Jatinangor akan terjadi jika pemerintah tidak konsisten dengan aturan yang ada dan mengabaikan hak-hak masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman,” kata Ketua LSM Forrbeka Kab. Sumedang, Sitam Rasyid kepada “GM” di Jatinangor, Minggu (13/5).

Menurut Sitam, kesemrawutan kawasan Jatinangor itu, bisa pula disebabkan penataan/tata ruang yang tidak beraturan, kendati pembangunan yang dilakukan untuk kepentingan publik.

“Kawasan Jatinangor itu kawasan pendidikan. Ternyata julukan Kota Pendidikan tidak sesuai dengan kenyataan. Kami amati kawasan Jatinangor hampir 60 persen menjadi kota jasa yang tidak terprogram,” kata Sitam.

Ia juga mengamati kondisi di kawasan Jatinangor, khususnya dalam hal lalulintas sepertinya belum ideal karena sering terjadi kemacetan hingga tembus ke Tanjungsari.

“Kondisi di lapangan ini akibat tumpang tindihnya aturan pemerintah yang kelihatannya hanya mengejar pendapatan asli daerah (PAD) semata,” tuturnya.

Dia menilai, kenyamanan dan ketertiban untuk masyarakat di Jatinangor hanya slogan saja. Izin untuk pembangunan diobral habis. PAD yang dihasilkan dari Jatinangor sangat besar. Tapi masyarakat Jatinangor tidak mendapat keadilan dalam pembagian anggaran.

 

sumber : klik-galamedia