Jelang Lebaran, UMKM akan Berjualan di Supermaket

by -11 views

Jelang Lebaran, UMKM akan Berjualan di Supermaket

Jatinangorku.com – Jelang Lebaran, sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan mudah didapatkan di supermarket di Sumedang. Produk UMKM ini akan dijual dalam jumlah banyak dan bervariasi di luar produk yang sudah dipajang supermarket sebelumnya.

“Kami bekerjasama dengan supermarket agar mau menyiapkan gerai untuk berjualan produk UMKM. Tapi produk ini di luar produk yang sudah dikemas reguler, jadi lebih bervariasi,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumedang Asep Sudrajat, Senin (14/7/2014).

Dengan cara ini, semua produk UMKM bisa masuk ke supermarket. Biasanya, hanya produk tertentu yang sudah memenuhi standar supermarket saja yang bisa dijual di pasar modern ini. Sayangnya, tidak semua produsen atau pengusaha kecil mampu memenuhi semua persyaratan tersebut.

“Jadi gerai ini khusus untuk produk UMKM yang tidak ada di supermarket karena memang standarnya belum memenuhi ukuran supermarket. Cara berjualan ini akan dilakukan setiap tahun menjelang lebaran saja,” ucap Asep.

Menurut Asep, supermarket banyak diburu orang jelang Lebaran. Momen ini jadi kesempatan untuk memperkenalkan produk UMKM yang belum terlalu besar skala produksinya tapi kualitasnya enak dan bagus. Cara ini juga menjadi salah satu bentuk promosi produk UMKM ini.

“Sekaligus ajang promosi juga karena meskipun enak dan bagus, produk tetap tak bisa masuk supermarket karena manajemen usahanya masih buruk,” jelas Asep.

Lebih dari 50 produk akan mulai dijual pekan ini di supermaket terbesar di Sumedang. Produk dijual di rak-rak di jajaran makanan promo lebaran agar mudah ditemukan pengunjung.

Sementara, dari 500an produk UMKM, sekitar 40 jenis sudah masuk ke supermarket. Syarat yang paling sulit dipenuhi oleh pengusaha UMKM adalah kontinyuitas pengadaan produk dari segi jumlah dan rasa. Sedangkan, masalah kemasan sudah banyak yang mampu mengemas makanannya dengan baik dan menarik

Sumber : http://www.inilahkoran.com/