Jelang Pilkada, Baliho Tokoh Politik Marak di Jatinangor

by

pilkada di Jatinangor

 

JATINANGOR (GM) – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) baik di pemilihan Gubernur Jabar dan Bupati Sumedang, sejumlah baliho tokoh-tokoh politik yang diperkirakan akan mencalonkan menjadi kepala daerah mulai menghiasi sejumlah penjuru kota dan daerah di Kec. Jatinangor.

Termasuk di wilayah timur Kab. Bandung, mulai ada spanduk dan baliho para tokoh politik yang akan mencalonkan kepala daerah. Padahal, pemilihan kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masih cukup jauh.

Berdasarkan pemantauan “GM”, baliho calon kepala daerah itu dipasang di jalur yang padat kendaraan. Dengan adanya pemasangan baliho calon kepala daerah, jelas-jelas dapat mengganggu pemandangan.

Tidak hanya itu, pemasangan baliho jika tidak dilakukan secara kokoh dapat mengancam para pengendara. Pasalnya, pemasangan baliho itu rawan tersapu angin dan tidak menutup kemungkinan roboh dan mengancam keselamatan pengendara.

Kasi Ketenteraman dan Ketertiban Umum Kec. Jatinangor, Odat D. Rosadi mengatakan, pemasangan baliho di sejumlah penjuru kota dan daerah di kecamatan tersebut, proses perizinannya tidak melalui pihak kecamatan, melainkan langsung ke Dinas Pendapatan Daerah Kab. Sumedang. Tetapi tidak menutup kemungkinan, Odat mengatakan, pemasangan baliho tidak melalui proses perizinan resmi.

Menurutnya, melihat mulai adanya pemasangan baliho atau spanduk di wilayahnya itu, pihak kecamatan tidak ada untuk mencabut atau menertibkannya. “Penertiban baliho itu ada pada kewenangan Dispenda,” katanya.

Ia pun mengatakan, jika pihak kecamatan akan menertibkan baliho yang tidak melewati proses perizinan, tetap dalam pelaksanaannya harus ada koordinasi dengan pihak berwenang. Kendati demikian, pihak kecamatan akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan ke lapangan, terkait mulai bertebarannya pemasangan baliho bakal calon kepala daerah tersebut. Pemantauan itu sangat penting untuk dilakukan, guna mengetahui baliho yang menganggu ketertiban umum.

Sumber : Klik-Galamedia