Jelang Pilkada dan Pilpres, Polisi Pastikan Daerah Jatinangor Bukan Daerah Konflik Pemilu

by -39 views

Kepolisian Sektor (Polsek) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, memastikan wilayah Jatinangor bukan daerah konflik yang kerap terjadi perpecahan antar golongan akibat pemilihan umum.

Kapolsek Jatinangor, Kompol Dede Suharja, mengatakan, di lingkungan masyarakat, beberapa kali terjadi permasalahan akibat pesta demokrasi, namun hanya sesaat dan tidak berkelanjutan.

 

“Di situ, kami (kepolisian) memberikan pencerahan sebagai wujud nyata untuk tetap menjaga kondusifitas,” kata Dede di Kantor Kecamatan Jatinangor, Jalan raya Jatinangor, Selasa (2/10/2018).

 

Dede mengatakan, menjaga situasi, pihaknya menyebar seluruh anggota Bhabinkamtibmas di seluruh titik Kecamatan Jatinangor, sebagai langkah antisipasi pergesekan golongan.

“Pengamanan ini dilakukan sebelum, saat berlangsung, dan sesudah pemilu, terutam pemilu 2019 dan sejauh ini masih terpantau aman. Bila ada yang melanggar, sanksi pidana akan menjerat,” kata Dede.

Sejumlah elemen masyarakat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berjamji akan menjaga kedamaian menjelang pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang.

 

Beberapa poin yang disampaikan, di antaranya semua elemen masyarakat dituntut untuk menjaga kekondusifitasan di Kecamatan Jatinangor, mengingat wilayah Jatinangor terdapat warga dari berbagai latar belakang dan menjunjung nilai Pancasila.

Dalam hal ini, masyarakat dituntut menghargai satu sama lain dan tidak memandang golongan sifat tertentu, bila terbukti melanggar pidana, akan diberikan oleh aparat berwenang, yakni kepolisian dari Polres Sumedang.

Camat Jatinangor, Syarif Effendi, mengatakan, adanya deklarasi ini, masyarakat diminta untuk tetap berkomitmen menjaga situasi agar wilayah Jatinangor tetap aman dari gangguan.

“Dari pilkada sebelumnya, di Jatinangor, sama sekali tidak terjadi adanya gesekan antar golongan pendukung,” kata Syarif

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com