Jelang Putusan MK, Jabar Siaga I

by -10 views

Jelang Putusan MK, Jabar Siaga I

Jatinangorku.com – Kepolisian Daerah Jawa Barat terhitung mulai Hari Selasa (19/8/2014) pukul 00.00 WIB menaikkan status di seluruh Polres/Polrestabes jajaran Polda Jabar dari Siaga II menjadi Siaga I.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, pemberlakuan stasus Siaga I tersebut didasarkan pada Surat Telegram Kapolri Nomor STR/679/VIII/2014 tanggal 15 Agustus 2014 tentang pemberlakuan status Siaga I Pam sidang PHPU hasil Pemilu Presiden tahun 2014.

“Status Siaga I tersebut dalam rangka kesiapan satuan yang berkekuatan cukup dan siap bergerak dengan cepat guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali jelang pengumuman sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 oleh Mahkamah Konstitusi tanggal 22 Agustus 2014,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam status Siaga I tersebut, 2/3 kekuatan personel Polda Jabar dan jajaran Polres/Polrestabes melaksanakan siaga. Sementara sepertiga kekuatan lainnya dibagi dua, sebagian melaksanakan kegiatan rutin, dan sisanya sebagai personel cadangan.

Dengan adanya cadangan pasukan, diharapkan sewaktu-waktu siap digerakan dan 1/6 kekuatan personel lepas dinas.

Menurutnya, semua itu sudah diatur dalam diatur dalam direktif Kapolri Nomor : STR/321/IV/2014 tanggal 16 April 2014. Adapun pakaian yang digunakan anggota Polri dalam status Siaga I tersebut yaitu menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL) khusus

Sumber : http://www.inilahkoran.com/