Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pokok Ini Dipatok Pemerintah

by -29 views

Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pokok Ini Dipatok PemerintahHarga gula pasir, minyak goreng dan daging sapi di pasar tradisional menjelang bulan Ramadan nanti dipatok dengan harga maksimal oleh pemerintah. Pembatasan harga kebutuhan pokok itu agar masyarakat tetap bisa menjangkaunya.

Pembatasan harga maksimal tiga komoditi itu dilakukan karena acapkali melonjak menjelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

“Pembatasan harga maksimal ini, ditetapkan melalui surat edaran menteri perdagangan,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Industri Kabupaten Sumedang Elly Suliasih ketika ditemui di kantornya, Kamis, 4 Mei 2017.

Ia menyebutkan, berdasarkan surat edaran, harga gula pasir dipatok maksimal Rp 12.500/kg, minyak goreng Rp 11.000/ kg dan daging sapi beku Rp 80.000/kg. Harga itu pun berlaku untuk penjualan di super market dan pasar modern lainnya.  

“Khusus untuk super market dan pasar modern, boleh menjual barang yang kualitas lebih bagus dengan harga di atas ketentuan tersebut. Syaratnya, harus juga menjual ketiga jenis kepokmas yang kualitasnya standar dengan harga di bawah ketentuan surat edaran tersebut,” kata Elly.

Sanksi

Menurut dia, jika  ada super market yang melanggar atau  tidak menyediakan ketiga kebutuhan pokok kualitas standar,ada sanksinya. Sanksinya akan dikenakan oleh petugas Disperindag Jabar.

“Bentuk sanksinya saya belum tahu. Akan tetapi,  kalau  ada pelanggaran, konsumen bisa melaporkan kepada kami. Nanti, kami akan melaporkan kembali ke provinsi untuk ditindak tegas,” tuturnya.

Elly mengatakan, surat edaran tentang batas maksimal harga kebutuhan pokok  akan disosialisasikan kepada para pedagang dan konsumen. Salah satunya melalui pemasangan  spanduk di setiap pasar tradisional dan super market. Selain memampangkan rincian harga maksimal, juga akan dicantumkan call center untuk melayani pengaduan konsumen.  

“Pemasangan spanduk itu, supaya para pedagang dan konsumen tahu surat edaran menteri perdagangan. Sehingga,  harga kebutuhan pokok di pasar tradisional bisa dikendalikan. Sebab meski sudah ada pembatasan harga,  pada pelaksanaannya sulit untuk mengendalikan harga di pasar tradisional,” ucapnya