Jembatan Cincin Jatinangor Layak Jadi Heritage

by -261 views

 

 

Jembatan Cincin yang terletak di Jatinangor Kabupaten Sumedang, yang berada di sekitar komplek kampus Universitas Padjadjaran sebenarnya layak menjadi bangunan Heritage.

Kini jembatan KA itu sudah terlihat kurang terurus. Bahkan jejak rel KA pun sudah hilang. Tidak nampak bantalan kayu rel KA apalagi besi rel KA.

Dari kejauhan  jembatan itu terlihat masih kokoh. Jembatan ini menjadi jalur penghubung warga setempat dan bisa dilintasi oleh motor.

Dari berbagai catatan sejarah, jembatan Cincin mulai dibangun sejak tahun 1918 dan pada tahun 1942 sudah tidak ada lagi kereta yang lewat. Panjangnya mencapai 40 meter.

Dinamakan Jembatan Cincin, karena berbentuk seperti potongan cincin separuh. Ada juga yang menyebutnya mirip dengan bentuk busur lengkung. Kondisinya kini memang kurang terawat, terlebih jembatan bersejarah itu belum juga ditetapkan sebagai bangunan heritage.

Manager Humas PT KAI Pusat Agus Komarudin mengatakan revitalisasi KA Rancaekek-Tanjungsari membuat jembatan ini kemungkinan akan dipakai kembali. Namun jika sudah tua maka jalur baru akan dibuat.

“Jalur KA ini seharusnya jadi bangunan¬† heritage jika memang tidak lagi digunakan untuk jalur revitalisasi KA Rancaekek -Tanjungsari,” tegasnya. jo