Jembatan Masih Jadi Tempat Favorit Buang Sampah

by -25 views

Jatinangorku.com – pekerja tengah menyelesaikan pemagaran jembatan Cipeles, penghubung Desa Rancamulya-Kel.Kota Kaler Kec.Sumedang Utara Kab.Sumedang, Minggu (10/5/2015).

Bagi sejumlah warga diberbagai daerah, lokasi jembatan yang melintang di atas sungai, ditengarai masih menjadi tempat favorit untuk membuang sampah. Kondisi itu, tentunya tidak terkecuali terjadi di wilayah Kab.Sumedang.

“Tidak bisa dipungkiri, kami masih menemukan sampah yang tercecer dan tumpukan sampah di sekitar jembatan, yang sengaja dibuang oleh warga,” kata H.Ayuh Hidayat, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Badan Lingkungan Hidup Kab.Sumedang, Minggu (10/5/2015).

Misalnya saja, beberapa jembatan yang berada di wilayah Sumedang Kota, seperti di Jembatan Cipeles, yang menghubungkan Kel.Kota Kaler dan Desa Rancamulya, Kel.Talun-Kel.Regol Wetan, dan Kel.Kota Kaler-Desa Rancamulya. Lokasi tersebut, kerap ditemukan warga, yang tengah membuang sampah, ke aliran sungai.

“Kejadian itu pada malam hari, atau disaat dilokasi tersebut sedang sepi. Karena diduga tergesa-gesa, banyak sampah yang tersangkut dibesi pengaman. Parahnya lagi, ada juga warga yang seenaknya membuang sampah begitu saja, ditembok jembatan,” ujar Ayuh.

Menyikapi prilaku warga yang masih rendah kesadarannya untuk membuang sampah, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah. Diantaranya dengan memasang sepanduk, yang bertuliskan larang agar warga tidak membuang sampah di sekitar jembatan dan aliran sungai, serta memberikan penyuluhan. Namun upaya itu tidak digubris warga. Malah warga yang tak bertanggung jawab, membuang sampah di bawah spanduk.

“Itu yang membuat kami, harus berfikir lebih keras, supaya warga tidak lagi membuang sampah di sekitar jembatan dan aliran sungai,” ungkapnya.

Untuk itu, mengacu pada pengalaman tersebut, pihaknya kini tengah membuat pemagaran disekitar jembatan yang sering digunakan tempat pembuangan sampah. Kegiatan pemagaran yang dibiayai dari dana pemerintah itu, dibuat secara permanen.

Sumber : http://www.galamedianews.com/