Jembatan Timbang Tidak Berfungsi

by -19 views

Jembatan Timbang Tidak Berfungsi

Jatinangorku.com – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan para pengendara sepeda motor dan mobil menilai, jembatan timbang di jalur nasional dari mulai Cileunyi hingga ke jalur Jatinangor-Sumedang-Majalengka tidak berfungsi dan kurang efektif. 

Ketua LSM Ma’soem Peduli Umat (Mampu) Kab. Sumedang, Drs. Asep Sujana, M.M. mengatakan, jalur nasional tersebut dalam beberapa bulan terakhir rusak parah karena beban kendaraan yang terlalu berat dan tidak sesuai kemampuan badan jalan. 

“Itu harus menjadi perhatian pemerintah. Setiap pengendara yang membawa angkutan barang melebihi kapasitas ya harus ditindak, ujar Asep kepada “GM” di Jatinangor, Minggu (4/5).

Menurut Asep, banyaknya kendaraan besar yang berseliweran dengan angkutan hingga puluhan ton menunjukkan jembatan timbang tidak berperan sebagaimana mestinya. 

“Padahal, jembatan timbang sebagai lembaga untuk memfilter kendaraan barang yang melebihi kapasitas, guna mengantisipasi kerusakan jalan semakin parah,” katanya.

Ia menilai, sejumlah jembatan timbang yang ada di jalur nasional itu, proses pengelolaannya tidak sesuai ketentuan. Sehingga memicu kerusakan jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

“Kami menduga ada oknum petugas jembatan timbang yang sengaja meloloskan kendaraan besar yang melebihi kapasitas untuk mengangkut muatan,” katanya.

Asep mengatakan tudingan muncul dari kalangan masyarakat, didasarkan pada tidak adanya gudang atau tumpukan barang dari atas kendaraan yang diturunkan karena melebihi kapasitas angkut tonase jalan. Sementara jalan yang ada di depan jembatan kondisinya terlihat mulus-mulus saja, karena kendaraan besar masuk ke timbangan. 

”Lihat saja, kondisi jalan sangat mengkhawatirkan dan mengganggu kelancaran,”ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/