Jokowi Bakal Undang Kim Jong Un dan Moon Jae In pada Pembukaan Asian Games 2018

by -39 views

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In bakal bertemu di Jakarta, jika kedua pemimpin itu jadi diundang dan menghadiri pembukaan Asian Games 2018.

Dilansir Kompas.com, Presiden Joko Widodo berencana mengundang pimpinan Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In menghadiri pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

“Betul, Presiden Jokowi memang berkeinginan mengundang Presiden Korea Utara dan Korea Selatan untuk menghadiri pembukaan Asian Games,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo melalui sambungan telepon, Kamis (28/6/2018).

 

Meski demikian, Johan menampik Istana Kepresidenan telah mengirimkan surat undangan kepada kedua tokoh itu.

Menurut Johan, keinginan tersebut sedang dimatangkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Johan juga membenarkan bahwa keinginan Presiden Jokowi tersebut sudah dikomunikasikan dengan Kementerian Luar Negeri Korea Utara dan Korea Selatan.

“Sudah ada pembicaraan ke arah situ melalui Kemenlu masing-masing, dengan kedutaan besarnya juga,” ujar Johan.

Soal kepastian apakah Kim Jong Un dan Moon Jae In akan memenuhi undangan itu, Johan tidak bisa memastikannya.

“Yang penting penjajakan itu sudah dimulai ya. Tapi penjajakannya sejak kapan dilakukan saya tepatnya kurang tahu,” ujar Johan.

Undangan Presiden Jokowi tersebut pertama kali beredar melalui surat kabar di Korea, beberapa waktu lalu.

Apabila kedua tokoh tersebut memenuhi undangan Presiden Jokowi, pertemuan Kim dan Moon adalah pertemuan antar-Korea pertama yang diselenggarakan di luar wilayah Semenanjung Korea.

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com