Jokowi: Saya Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 29

by -21 views

Jokowi Saya Menanti Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games 29Para atlet yang akan berkompetisi di ajang SEA Games 2017 berada di Istana Kepresidenan, Senin, 7 Agustus 2017. Presiden Joko Widodo akan melepas mereka sebelum berkompetisi pada 19 Agustus-30 Agustus 2017. Para kontingen itu berkumpul di lapangan tengah Istana Merdeka. Di sana, terlebih dahulu diadakan upacara pelepasan dimana Jokowi dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani secara bergiliran memberikan pidato. 

Para atlet saat itu kompak mengenakan seragam jaket olah raga dengan campuran warna merah dan putih. Sementara Jokowi saat itu memakai jaket berwarna hitam dan topi berwarna campuran merah dan putih.  Saat berpidato, Jokowi mengatakan bahwa para kontingen yang berlaga nanti akan memiliki suporter yang besar, yakni rakyat Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa. Sesuai dengan jumlah penduduk, itu berarti para kontingen asal Indonesia akan memiliki jumlah suporter terbesar se-Asia Tenggara. “Saat saudara jatuh, 250 juta rakyat RI akan ikut menangis dan saat saudara-saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlit Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan, hal terpenting selain memperoleh medali adalah bahwa para kontingen harus bisa menunjukkan pada dunia bila bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, bisa bersaing, menjunjung fairplay dan memiliki mental pemenang.  “Dari tanah air, saya menanti lagu Indonesia raya berkumandang di SEA games 29 dan bendera merah putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Setelah upacara pelepasan, Jokowi bergabung bersama para kontingen untuk menghadiri beberapa acara, seperti foto bersama. Jokowi bersama-sama kontingen kemudian melihat pertunjukan pencak silat di tempat yang sama.  Setelah pencak silat, acara yang cukup menghibur adalah ketika Jokowi beradu tanding tenis meja beregu. Saat itu, Jokowi berpasangan dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir. Mereka melawan atlet bulu tangkis Susi Susanti yang saat itu berpasangan dengan atlet senior tenis meja Yopie Warsono. 

Menko PMK Puan Maharani menyebutkan, ada 870 kontingen asal Indonesia yang terdiri dari 533 atlet, 170 pelatih dan 55 headquarter. Selain itu, ada 122 orang peserta mandiri yang ikut SEA Games dengan biaya sendiri dan di luar beban kontingen.  Para kontingen terbagi ke dalam 15 kloter keberangkatan. Secara bertahap mereka telah mulai bertolak ke Kuala Lumpur sejak awal Agustus.  Dalam SEA Games 29, ada 38 cabang olah raga yang dipertandingkan dengan total penghargaan 405 emas, 405 perak, dan 529 perunggu. Indonesia, kata Puan, akan mengikuti 37 cabang olah raga. “Diharapkan atlet Indonesia mendapatkan 55 emas dan 95 perak dari 30 cabang olah raga,” katanya

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com