Jumlah Peserta UNBK Tahun Ini Meningkat

by -120 views
 Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Tahun ini sebanyak 638.045 siswa mengikuti UNBK, sementara sekolah ada 645 se-Jabar dan komputer yang disediakan sebanyak 260.956 dan server 8.816.
 
“Untuk pengambilan soal, kami mendownload dari server kemendikbud, dan kami melakukan sinkronisasi antara kemendikbud dan sekolah,” kata Ahmad kepada wartawan saat memantau UNBK di SMKN 12 Bandung, Senin (2/4).
 
Menurutnya, demi kelancaran UNBK tahun ini, secara teknis pihaknya sudah menyiapkan komputer dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Mulai dari proktor hingga comment center. Sehingga, pelaksanaan UNBK ini diharapkan bisa lancar dan tak ada kendala yang berarti.
 
“Sehingga, dari detik ke detik akan kami pantau penyelenggaraan UNBK ini. Ketika ada persoalan-persoalan teknis, listrik dan sebagainya, kami akan segera menyelesaikannya,” paparnya.
 
Terkait kebocoran soal, Hadadi mengatakan, seperti halnya pada 2017 lalu, UNBK tahun ini pihaknya memastikan aman. Bahkan peluangnya nyaris tidak ada sama sekali.
 
Dalam hal ini pihaknya sudah membuat fakta integritas dan ketika mendownload, dipastikan hanya orang-orang tertentu yangvsudah dipastkkan membuat perjanjian.
 
“Sehingga dia tidak main-main dan ada di server sekolah dan tidak mungkin ada yang meng-copy. Ketika ada kebocoran, maka sekolah mana, siapa operatornya, siapa proktornya akan ketauan. Dan ini sanksinya berat, karena ini sanksi nasional,” pungkasnya.
 
Kepala SMK Negeri 12 Bandung RM Lukman menambahkan, pihaknya memastikan bahwa UNBK khususnya di SMKN 12 Bandung akan berjalan lancar. Sejauh ini pihaknya tidak mendapatkan kendala yang berarti.
 
“Saya kira tidak ada kendala, alhamdulillah lancar. Ini sesi pertama udah mau selesai, sebentar lagi masuk sesi kedua,” katanya.
 
UNBK tahun ini di SMKN 12 Bandung kata dia, jumlah siswa yang mengikuti sebanyak 409 siswa, dengan rincian sembilan siswa dari SMK Otista. “Alhamdulillah semuanya hadir,” pungkasnya