Jusuf Kalla: Nama Soekarno Lebih Bersejarah dari Medan Merdeka, Empat Tokoh Gantikan Nama Jalan

by -25 views

Jusuf Kalla: Nama Soekarno Lebih Bersejarah dari Medan Merdeka, Empat Tokoh Gantikan Nama Jalan

Jatinangorku.com– Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) akan mengubah nama Jalan Merdeka dan sekeliling Monas. Empat nama tokoh mencuat, yaitu Soekarno, M. Hatta, Soeharto, dan Ali Sadikin.

Rencana ini, disambut baik keluarga proklamator Mohammad Hatta atau Bung Hatta. “Ya, kalau dari pihak saya boleh saja nama Bung Hatta dijadikan nama jalan di Jakarta,” kata salah seorang menantu Bung Hatta, Sri Edi Swasono kepada VIVAnews.

Jika ide penggantian nama jalan tersebut akan disampaikan kepada pihak keluarga Bung Hatta, kata Sri Edi suami Meutia Farida Hatta, kemungkinan besar akan disetujui. Rencana ini merupakan sebuah penghargaan.

Hal senada dikatakan keluarga mantan Presiden Soeharto, yang menyambut baik munculnya nama Soeharto untuk mengggantikan nama jalan. Siti Hediati Hariyadi atau kerap dikenal Titiek Soeharto mengaku, bersyukur atas munculnya usulan nama ayahnya diabadikan menjadi nama jalan utama di Ibu Kota.

“Alhamdullillah, kalau memang ada pihak-pihak yang mengusulkan nama bapak dijadikan nama jalan. Kami (keluarga Soeharto) memang tidak pernah ada yang mengusulkan. Tapi kalau ada yang mengusulkan kami menghargainya, ” ujarnya, Sabtu (31/8).

Gelar rapat

Sebelumnya, Jokowi dan Panitia 17 menggelar rapat dengan Pimpinan MPR untuk membahas pergantian nama Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Selain nama sang proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta, muncul juga dua nama tokoh lainnya, yakni mantan penguasa Orde Baru, Soeharto dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Keempat jalan yang akan diganti namanya itu terletak di silang Monas, yakni Jalan Merdeka Barat, Timur, Utara, dan Selatan. Rencananya keempat jalan itu akan menjadi Jalan Soekarno, M. Hatta, Soeharto, dan Ali Sadikin.

Jalan Merdeka Utara akan menjadi Jalan Bung Karno, Jalan Merdeka Selatan menjadi Jalan Bung Hatta, Jalan Merdeka Barat menjadi Jalan Soeharto, dan Jalan Merdeka Timur menjadi Jalan Ali Sadikin.

Penghormatan

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) setuju dengan rencana Gubernur DKI Jakarta Jokowi tersebut. Menurutnya, kebijakan tersebut tidak akan mereduksi sejarah.

“Bagus. Itu penghormatan bagi pemimpin-pemimpin kita yang kita akui berjasa. Saya kira pantas saja. Soekarno lebih bersejarah daripada Merdeka Selatan, Utara. Hatta juga. Mereka proklamator,” kata JK di Jakarta, Sabtu (31/8).

Hanya saja, JK mengusulkan, sebaiknya tidak hanya tokoh-tokoh itu saja yang diberi penghormatan. Menurutnya, akan lebih baik jika nama-nama mantan presiden juga diabadikan sebagai nama jalan.

Sumber : http://klik-galamedia.com