KA Pasundan Anjlok di Leles

by -54 views

KA Pasundan Anjlok di Leles

Jatinangorku.com – Perjalanan kereta api (KA) menuju arah timur terganggu, menyusul anjloknya KA Pasundan di KM 199 antara stasiun Lebakjero-Leles, Minggu (1/9) pukul 06.45 WIB.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Jaka Jarkasih ketika dihubungi wartawan, Minggu (1/9) membenarkan kejadian tersebut. Untuk mengetahui penyebab anjloknya KA Pasundan tersebut, PT KAI sudah menurunkan tim investigasi ke lokasi.

“Kami sudah kirimkan tim ke sana. Sekarang jalurnya telah normal kembali setelah gerbong kereta api tersebut dievakuasi,” jelas Jaka.

Saat kejadian KA Pasundan tujuan Kiaracondong-Gubeng mengangkut sekitar 200 orang penumpang. Kejadian tersebut tidak membuat para penumpang telantar. Perjalanan KA tetap dilanjutkan meski jalurnya harus memutar melalui arah barat atau Cikampek.

“Gerbong yang anjlok itu ada di gerbong ketiga, sehingga tiga gerbong di depan terpaksa dilepas, dan lima gerbong yang lain jalan kembali, walaupun memutar ke arah barat melalui jalur Cikampek,” jelasnya.

Terganggu

Kejadian tersebut memang sempat membuat beberapa perjalanan kereta api lainnya terganggu. Seperti KA Lodaya Pagi yang berangkat pukul 08.00 WIB dan KA Argo Wilis yang berangkat pukul 09.00 WIB. Perjalanan kedua kereta tersebut dialihkan melalui arah barat atau jalur Cikampek.

“Perjalanan kereta api yang menuju arah timur terpaksa dialihkan melalui rute Cikampek, karena di Lebak Jero sendiri sedang dilakukan evakuasi kereta yang anjlok tersebut,” katanya.

Namun evakuasi berhasil dilakukan, sehingga pukul 13.00 WIB jalur tersebut dibuka kembali. Bahkan pukul 15.00 WIB sudah bisa dilalui KA Serayu yang datang dari Kroya menuju Jakarta.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kecepatan kereta api yang melintasi jalur tersebut dikurangi hingga 10 km per jam,” katanya.

Pihaknya juga meminta maaf dengan adanya peristiwa tersebut. Apalagi kejadian ini membuat perjalanan penumpang menjadi terganggu dan mengalami keterlambatan.

Sumber : http://klik-galamedia.com