Kades dan Lurah, se- Tualang Digembleng 5 Hari di Jatinangor

by -26 views

Jatinangorku.com – Sebanyak sembilan kepala desa (kades) dan lurah asal Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau mengikuti pelatihan ilmu pemerintahan selama lima hari di Kampus Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat.

Program ditaja guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kades, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Kades Tualang Jufrianto, salah seorang peserta pelatihan, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) yang telah menyelenggarakan, program pelatihan di Jatinangor.

“Saya selaku kepala desa mengucapkan terima kasih kepada bapak Siak melalui BPMD,menaja kegiatan. Ini sangat berguna, karena banyak ilmu pemerintahan  hal-hal baru yang didapat,” tuturnya, Rabu (29/10/2014) ketika dihubungi via telephon selulernya.

Pelatihan yang berakhir 31 Oktober ini, mereka dibekali ilmu pengetahuan tentang pemerintahan. Di antaranya, pemahaman Undang Undang (UU) Desa No 6 Tahun 2014, dan bagaimana menjalankan  pemerintahan desa yang bebas, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Di samping pendidikan formal, kades juga dilatih kedisiplinan, dengan menghuni barak-barak praja IPDN dan mengikuti jadwal sesuai program pendidikan IPDN,” ungkapnya.

Dari pelatihan ini ujarnya, kades mendapatkan pemahaman bagaimana menjadi pamong desa. Karena, pamong desa yang berkualitas menentukan arah pembangunan desa ke arah lebih baik.

“Pelatihan itu bukan hanya sekedar menghambur-hamburkan anggaran namun bermanfaat, karena banyak ilmu diperoleh para kades,” pungkasnya

Sumber : http://www.kapurnews.com/