Kanker ovarium kini bisa dideteksi lewat tes darah

by -25 views

Kanker ovarium kini bisa dideteksi lewat tes darah

Jatinangorku.com – Berbagai kemudahan untuk mendeteksi penyakit mematikan terus dikembangkan peneliti. Salah satunya adalah kanker ovarium dengan menggunakan kombinasi tes darah sederhana dan ultrasonik.

Sebagaimana dilansir dari The Examiner, kanker ovarium bisa dibilang sebagai pembunuh diam-diam para wanita di seluruh dunia. Sebab gejala dari penyakit tersebut sangat samar dan ketika sudah diketahui, biasanya kanker sudah menyebar dan sulit disembuhkan.

Bukan cuma itu, tidak seperti kanker payudara, prostat, dan usus besar, kanker ovarium tidak memiliki tes rutin yang perlu dijalani untuk mendeteksi gejala positifnya. Kebanyakan tes kanker ovarium juga bisa dijalani oleh dokter saja dan sering terjadi kesalahan deteksi.

Namun adanya penelitian ini dianggap sebagai titik harapan bagi para wanita yang memiliki risiko kanker ovarium.

“Cara mendeteksi kanker ovarium dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan memeriksa protein bernama CA-125 yang dihasilkan sel kanker. Kemudian tes ultrasonik membantu dokter untuk memantau ovarium pasien,” terang peneliti Dr Karen Lu dari M.D. Anderson Cancer Center.

Meskipun demikian, tes tersebut belum bisa dilakukan di rumah sakit. Sebab peneliti masih melakukan uji klinis demi memastikan bahwa tes benar-benar ampuh mendeteksi adanya kanker ovarium pada wanita.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Cancer.

Sumber : http://www.merdeka.com