Kapan Jawa Barat Mulai Memasuki Musim Kemarau? Ini Penjelasan Ahlinya

by -56 views

Sejumlah daerah di Jawa Barat akan memasuki awal musim kemarau pada bulan April 2018.

Kendati demikian, wilayah Bandung Raya tampaknya baru akan memasuki awal musim kemarau pada awal Juni 2018.

Prakirawan BMKG Bandung Jadi Hendarmin menjelaskan hal itu kepada wartawan di ruang informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (3/4/2018).

“Di wilayah Jawa Barat, dasarian (10 hari berturut-turut) April ini ada empat zona musim yang memasuki kemarau. Lalu, dasarian Mei ada 25 zona musim yang memasuki kemarau. Tetapi Bandung, berdasarkan data 30 tahun terakhir, akan memasuki musim kemarau di awal Juni,” ujarnya.

Selain Bandung, wilayah lain yang lambat memasuki musim kemarau adalah Tasikmalaya dan Pangandaran.

Dua wilayah itu, dikatakan Jadi Hendarmin baru akan memasuki musim kemarau pada Juli nanti.

BMKG Bandung juga tetap mengimbau masyarakat Jawa Barat.

Meskipun April ini curah hujan menurun secara gradual, lanjut Jadi Hendarmin, bencana hidrometeorologi masih akan terjadi.

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, atau angin.

Kekeringan, banjir, badai, longsor, angin puyuh, topan, angin puting beliung, adalah beberapa contoh bencana hidrometeorologi.

 

“Ini sedang di fase peralihan dari musim hujan ke kemarau. Biasanya di fase inilah kebencanaan hidrometeorologi masih akan berlangsung juga,” kata Jadi Hendarmin.

Hujan lebat dalam durasi singkat dan disertai kilat petir serta angin kencang, ujarnya, masih akan terjadi pada fase peralihan ini

“Puting beliung juga sangat mungkin terjadi. Namun, bencana hidrometeorologi itu tidak diketahui di mana. Berdasarkan peta prakiraan Badan Geologi yang ditampilkan, mungkin saja terjadi di daerah itu,” katanya.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com