Kapolda Jabar Intruksikan Seluruh Perusahaan Pasang CCTV

by -21 views
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan meminta seluruh perusahaan termasuk kawasan industri memasang CCTV yang terintegrasi untuk membantu pemantauan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
“Pemasangan CCTV itu menjadi bagian dari penggunaan teknologi. Kita memang harus memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” katanya seperti dikutip antara.
Menurut dia, keberadaan CCTV yang terintegrasi di setiap perusahaan dan kawasan industri itu diperlukan untuk mempercepat penanganan permasalahan yang terjadi seperti kemacetan, banjir atau gangguan kamtibmas, dan lain-lain.
Program pemasangan CCTV terintegrasi, kata dia, hanya bisa berhasil jika pemerintah yang dalam hal ini pemerintah provinsi atau pemkab/pemkot serius mewujudkannya.
Atas hal itu ia menyarankan agar pemerintah daerah membuat peraturan daerah yang di antara isinya mewajibkan setiap perusahaan ataupun pelaku usaha lainnya mengikuti program pemasangan CCTV terintegrasi.
“Di Karawang ini ada banyak perusahaan. Pemasangan CCTV itu juga perlu dilakukan untuk kepentingan perusahaan sendiri, apalagi kawasan industri. Sebab kawasan industri merupakan salah satu objek vital yang harus dijaga ketat,” katanya.
Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra mengimbau agar seluruh perusahaan yang ada di kawasan industri Karawang bisa lebih kooperatif dengan pihak kepolisian.
Hal tersebut disampaikan karena selama ini upaya penanggulangan gangguan kamtibmas yang direncanakan Polres Karawang kurang mendapat respon dari beberapa perusaahan yang ada.