,

Deklarasi Anti Hoaks, Kapolda Jawa Barat Resmikan Komunitas Cyber Sumedang

by -277 views

jatinangorku.com – Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto ‘blusukan’ ke Kota Tahu Sumedang, Rabu 21 Maret 2018. Dalam kunjungannya itu, jenderal bintang dua menyaksikan deklarasi anti-hoaks atau berita bohong.

Deklarasi yang dilaksanakan di Mapolres Sumedang ini melibatkan Bupati Sumedang beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya dan dari unsur Komisi Pemilihan Umum Daerah, para tokoh agama, pemuda dan masyarakat.

Isi dari deklarasi sendiri adalah, menolak segala bentuk berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan; menyampaikan berita yang benar sesuai dengan fakta yang terjadi, tidak menyebar berita-berita hoax dan fitnah; menggunakan media sosial secara bijak, santun dan cerdas; mendukung Polri untuk menindak tegas kepada pelaku penyebar hoaks.

Selanjutnya, poin yang masih tertuang dalam deklarasi adalah; senantiasa menjaga situasi dan kondisi Kab. Sumedang tetap aman, damai dan kondusif; serta bekerja sama dengan semua pihak untuk menyajikan berita kepada masyarakat dengan cara menolak, menangkal dan menghentikan informasi yang tidak benar/hoaks, baik berupa gambar, foto atau ilustrasi, yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan yang berlatar suku, agama, ras dan antar golongan.

Pjs. Bupati Sumedang, H. Sumarwan Hadisoemarto mengungkapkan, dalam situasi dan kondisi menghadapi Pilkada serentak tahun 2018, ada indikasi yang menginginkan proses Pilkada tidak berjalan lancar.

Salah satu indikasi yang disebutkannya tersebut seperti halnya maraknya kabar bohong atau hoaks, sehingga berpotensi membuat gaduh atau pun ketakutan di masyarakat.

Foto oleh : Abi Firman