Kapolda Lepas 172 Calhaji

by -31 views

Kapolda Lepas 172 Calhaji

Jatinangorku.com – Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. melepas 172 orang jemaah calon haji (calhaj) keluarga besar Polda Jabar di Masjid Al Aman Mapolda Jabar, Jln. Soekarno-Hatta 748 Bandung, Kamis (5/9). Acara pelepasan jemaah calon haji keluarga besar Polda Jabar tersebut diisi dengan kegiatan tausiah yang disampaikan K.H. Totoh Ghojali dari MUI Kota Bandung.

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah haji merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam, sesuai dengan firman Allah dalam Alquran surat Ali Imran ayat 97, yang artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”

Mengingat ibadah haji merupakan ibadah yang multikompleks, katanya, maka selain membutuhkan kesehatan fisik, mental, dan kemampuan finansial, juga memerlukan faktor nonfinansial, yakni panggilan dari Allah SWT. “Sehingga diperlukan niat yang ikhlas dan tulus semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena pada hakikatnya amal seseorang bergantung pada niat dalam hati sanubarinya (Innamal ‘amalu bin niaat),” terangnya.

Oleh karena itu, tambah Suhardi, selama pelaksanaan ibadah haji, akan banyak cobaan dan ujian dari Allah SWT, baik selama dalam perjalanan maupun pada saat menunaikan ibadah haji

“Sehingga diharapkan para calon jemaah haji dapat sabar dan disiplin terhadap semua peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik selama di pemondokan, dalam perjalanan, maupun selama menunaikan ibadah haji,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan kebersamaan. Serta sikap saling tolong-menolong di antara sesama jemaah haji.

Kapolda juga berharap agar para jemaah calon haji keluarga besar Polda Jabar dapat menjadi tamu-tamu Allah serta mampu menjadi duta-duta bangsa yang dapat mengharumkan nama baik Polri khususnya, dan bangsa Indonesia

Sumber : http://klik-galamedia.com