Kapolda Sidak Harga Pangan di Pasar Tradisional

by -10 views
Polda Jabar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional jelang perayaan hari Natal dan pergantian tahun 2017. Sidak dipimpin Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto.
 
Sidak kali ini dilakukan di Pasar Sederhana yang tidak jauh dari kediaman Kapolda Agung, Selasa (12/12/2017). Dalam sidak tersebut, juga hadir Kadisperindag Jabar Hening Widiatmoko dan perwakilan dari BPOM.
 
Kapolda Jabar mendatangi beberapa kios bahan makanan yang ada di Pasar Sederhana, termasuk kios beras, daging ayam, sapi, telur dan sayuran.
 
Dari hasil pengecekan ke beberapa kios, Agung mengaku harga di pasaran untuk bahan pokok masih terbilang normal. Hanya satu komoditas saja yang naik, yakni telur yang awalnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram.
 
“Masih terbilang normal walau naik (Telur). Karena dari sananya (produsen), dan itu merupakan mekanisme pasar,” katanya.
 
Menurutnya, polisi turun tangan langsung ke lapangan untuk mengecek harga kebutuhan pokok lantaran jika terjadi kenaikan akan berimbas langsung kepada masyarakat yang bisa mengganggu situasi kamtibmas.
 
Dengan demikian jika terjadi lonjakan harga, Tim satgas pangan bisa langsung menyelidiki. Karena, sudah tugas kepolisian untuk mengawasi atau mengantisipasi jika terjadinya ‘permainan’ harga di pasar.
 
“Kalau ada alat bukti, kita lakukan penyidikan dan akan dilakukan penegakan hukum,” ujarnya.
 
Sementara Kadisperindag Jabar Hening Widyatmoko mengakui memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. Namun kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.
 
“Artinya ini memang masih dalam batas wajar,” katanya