Kasus PJU 7 Titik , Kades Akan Cuci Tangan

by -31 views

Kasus PJU 7 Titik ,  Kades Akan Cuci Tangan

Jatinangorku.com – Para kepala desa (kades) di Kec. Solo­kanjeruk, Kab. Bandung tidak akan mengganti biaya kasus pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang terpasang di tujuh titik di masing-masing desa di kecamatan tersebut. Sebelumnya pihak pengembang meminta para kades mengganti biaya pemasangan PJU tersebut sebesar Rp 49 juta.

“Di Kec. Solokanjeruk ada 7 desa. Semua kadesnya baru dan tidak tahu me­nahu soal pemasangan lampu PJU itu. Tahu-tahu ada penagihan dari pihak pengembang untuk pemasangan lampu PJU. Jelas kita akan cuci tangan,” kata Ketua Apdesi Kec. Solokanjeruk yang juga Kepala Desa Panyadap, Agung Pramuja kepada “GM”, Rabu (21/8).

Hal senada dilontarkan Kades Cibodas, Kec. Solokanjeruk, Wahyudin dan Kepala Desa Padamukti, Atek Zenal. Menurut Wahyudin, jika para kepala desa harus mengganti biaya pemasang­an PJU maka pihak pengembang dipersilakan untuk membongkar kembali PJU tersebut. Demikian hasil pertemuan dan kesepakatan para kepala desa. “Apalagi saat ini PJU di tujuh titik itu semuanya padam,” katanya.

Tak ada anggaran

Baik Agung, Wahyudin maupun Atek mengatakan, para kades tidak memiliki anggaran. Apalagi penganggaran dilakukan sebelum pembangunan dilaksanakan.

“Jadi tidak bisa menganggarkan dana untuk pembangunan yang sudah dilaksanakan. Kalau menggunakan kas ang-garan dana desa (ADD) maka tergolong penyelewengan. Intinya, dana dianggarkan untuk program pembangunan ke depan. Bukan untuk pelaksanaan pembangunan yang lama,” kata Atek.

Sumber : http://klik-galamedia.com