Kedokteran Unpad Tutup Jalur S1 Mahasiswa Asing

by -21 views

Kedokteran Unpad Tutup Jalur S1 Mahasiswa Asing

Jatinangorku.com – Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) akan menutup jalur penerimaan mahasiswa asing program S-1 pada 2014. Kuotanya dialihkan untuk mahasiswa asing program pasca sarjana.

Dekan FK Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan, jalur yang ditutup itu merupakan penerimaan biasa (reguler). Adapun penerimaan mahasiswa asing S-1 dari jalur kerjasama antar universitas seperti dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) masih terbuka.

“Jumlah mahasiswa asing S-1 dari tahun ke tahun terus kami kurangi, dari 100 menjadi 50 orang tahun lalu,” kata Tri Hanggono kepada Tempo, Kamis 22 Mei 2014. (Baca juga: Kakek 91 Tahun Jadi Wisudawan di Unpad)

FK Unpad sejak 2008 menerima mahasiswa asing, kebanyakan dari Malaysia. Uang kuliahnya lebih mahal daripada mahasiswa lokal untuk subsidi silang biaya kuliah.

“Awalnya dulu mereka memberi dampak baik untuk mitra internasional, pengantar kuliah pun berbahasa Inggris juga diskusi sehingga mendorong daya saing mahasiswa,” ujarnya.

Belakangan, rata-rata pencapaian nilai mahasiswa lokal terlihat lebih unggul daripada mahasiswa asing.

Penutupan jalur itu diganti dengan pembukaan kuota untuk mahasiswa asing program pasca sarjana. “FK Unpad sekarang mau prioritas ke pasca sarjana dan riset,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan itu dibuat sebelum muncul kasus dugaan perkosaan terhadap mahasiswi FK Unpad 2013 asal Malaysia berinisial JS pada akhir pekan lalu.

Salah seorang mahasiswa FK Unpad yang sedang magang di RS Hasan Sadikin, Hafdzi Maulana mengatakan, kebijakan penutupan jalur mahasiswa asing itu bisa berdampak baik dan kurang baik.”Hal baiknya para pengajar bisa lebih fokus, kurang baiknya terkait subsidi silang itu sepertinya bakal berkurang,” katanya. (Baca juga: Unpad Telisik Dugaan Plagiat Dua Dosennya)

Sumber : https://id.berita.yahoo.com/