Kegaduhan Jakarta Dikhawatirkan Merembet ke Jabar, Ketua MUI Ajak Jokowi Gelar Dialog Nasional

by -15 views

Kegaduhan Jakarta Dikhawatirkan Merembet ke Jabar, Ketua MUI Ajak Jokowi Gelar Dialog NasionalDialog nasional menyikapi situasi politik dan keamanan nasional perlu dilakukan secepatnya, menyusul masih ada kedaguhan pra dan pasca-Pilgub DKI Jakarta.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengaku sudah menyampaikan hal itu pada Presiden RI Joko Widodo. Rencananya, dialog nasional digelar usai Pilgub DKI Jakarta.

Menurutnya, pasca-Pilgub DKI Jakarta kemudian kasus yang membelit Gubernur Basuki Tjahaya Purnama, tanda-tanda situasi kembali mereda belum juga muncul. Dikhawatirkan situasi itu berlanjut di Pilgub Jabar.

“Dialog nasional digelar sebelum Pilgub Jabar lebih bagus,” katanya di Jalan Raya Bungursari Purwakarta, Jumat (12/5) usai menghadiri dimulainya pembangunan Mesjid Raya Cilodong bersama Bupati Purwakarta Dedi Mulyad.

Ia menjelaskan, saat Pilgub DKI, masyarakat terpecah dalam isu-isu yang berpotensi memecah belah bangsa. Seperti, pemilih Ahok Pancasilais, kafir, munafik dan pilih yang lain tidak. Kondisi itu mengkhawatirkan sehingga dalam dialog nasional, perlu dilakukan tiga hal.

“Pertama solusi kebangsaan, kedua antisipatif agar tidak terjadi lagi di kemudian hari dan ketiga, rekonsiliasi, kita rujuk nasional, kembali rukun tertib dan damai tidak ada lagi saling hujat,” ujar Ma’ruf yang juga Ketua Suriah PBNU itu.

Dedi menambahkan dialog nasional perlu dilakukan dengan melibatkan tokoh-tokoh bangsa.

“Betul apa yang dikatakan pak kyai. Libatkan tokoh-tokoh nasional. Undang semua organisasi-organisasi supaya kembali damai dan baiknya memang dilakukan sebelum Pilgub Jabar,” katanya