Kelangkaan Pupuk Subsidi Jadi Perhatian Anggota DPR RI

by -17 views

Jatinangorku.com – Sejumlah pihak, Senin (8/12/2014) mengaku prihatin akhir-akhir ini  terjadi kelangkaan pupuk subsidi di sejumlah daerah di Jabar. Seperti halnya sempat terjadi di Kab. Sumedang dan Bandung. Kelangkaan pupuk subsidi itu, selain diakui para petani, pedagang eceran, juga pengakuan serupa dari pemerintahan setempat dan anggota dewan.

Seperti halnya yang dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Gerindera, H. Oo Sutisna S.H. Oo mengaku prihatin akibat kelangkaan pupuk subsidi di Kab. Sumedang.

Kondisi tersebut, kata Oo, setelah dirinya melakukan sidak ke sejumlah pengecer dan agen pupuk di beberapa daerah di Kab. Sumedang dalam beberapa hari terakhir ini.

“Padahal, ketersediaan pupuk bersubsidi secara langsung akan meningkatkan potensi pertanian, khususnya di Sumedang. Ada apa ini?” kata Oo.

Ia menegaskan, ketersediaan pupuk subsidi untuk para petani itu sudah bisa dipastikan dapat meningkatkan  perekonomian mereka.

  “Saya pun sempat heran. Kenapa pupuk subsidi  bisa langka,” kata Oo kepada wartawan di Kec. Tanjungsari.

Anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan  Sumedang, Majalengka dan Subang itu menurutkan,  ada beberapa jenis pupuk subsidi yang hilang dari peredaran, seperti pupuk subsidi jenis ZA dan SP.

“Terkait persoalan itu, kami akan terus meningkatkan pengawasan dan kontrol terkait pendistribusian selain ketersediaan pupuk bersubsidi itu,” tegasnya.

Wakil rakyat ini berharap, pemerintahan yang baru dibawah kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla, bisa lebih memperhatikan eksistensi petani.
“Pasalnya, banyak di antaranya masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian,” tuturnya.

Bukan hanya ketersediaan pupuk subsidi saja yang harus didorong pemerintah, kata dia, termasuk pemetakan lahan baru akibat sebagian lahan pertanian terkena proyek Tol Cisumdawu dan Waduk Jatigede.

“Ini harus menjadi perhatian semua pihak, demi kelangsungan ekonomi masyarakat,” pungkasnya

Sumber : http://www.galamedianews.com/