Kelompok Tani BKM Gelar Pelatihan

by -20 views

Kelompok Tani BKM Gelar Pelatihan

Jatinangorku.com – Kelompok Tani Bina Karya Mandiri (BKM) Kab. Bandung di bawah binaan PT Indonesia Power Kab. Bandung menggelar pelatihan persemaian endemik dan tanaman produksi kehutanan, Rabu (28/8). Pelatihan tersebut untuk mengatasi persoalan lingkungan, di antaranya kebakaran hutan dan kekeringan di musim kemarau.

Aktivis penggerak sekaligus pemerhati lingkungan Kab. Bandung, Memet Moch Rahmat mengatakan, pelatihan melibatkan sejumlah pihak yang berasal dari para penggerak lingkungan di Kab. Bandung dan Kab. Garut.

“Untuk tahap pertama kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan PT Indonesia Power Area Kamojang, Kec. Ibun, Kab. Bandung. Lokasinya pun berada di kawasan hutan yang digunakan untuk energi panas bumi. Pelatihan diharapkan dapat mengurangi beban kekeringan dan kebakaran hutan yang selama ini sering terjadi di Kab. Bandung maupun Kab. Garut,” kata Memet kepada “GM” di Rancaekek, Rabu (28/8).

Menurutnya, untuk tahap awal dalam sosialisasi dan pelatihan itu, pihaknya menggandeng 11 orang penggerak lingkungan di Kec. Pasirwangi, Kab. Garut. Ditambah 8 peserta dari Desa Laksana dan 6 perserta dari Desa Ibun, Kec. Ibun, Kab. Bandung.

Hadir pula Kabid Kehutanan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Bandung dan perwakilan Badan Konservasi dan Sumber Daya Air (BKSDA), Tiwi. “Para peserta ini masyarakat yang tinggal di kawasan desa hutan atau yang berdekatan dengan hutan/ pegunungan,” katanya.

Memet berharap, kegiatan lapangan yang sempat dilaksanakan itu menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan pemerintah. Apalagi dilakukan atas inisiatif kelompok tani di kawasan hutan.

“Kami juga berharap, dengan pelatihan ini ada kemudahan dari Departemen Kehutanan maupun pihak-pihak terkait supaya jenis-jenis endemik lokal bisa diperkaya dengan melibatkan para kelompok tani di kawasan hutan,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com