Kembalikan Fungsi Sabusu Galeri Seni dan Budaya

by -29 views

Kembalikan Fungsi Sabusu Galeri Seni dan Budaya

Jatinangorku.com – Saung Budaya Sumedang (Sabusu) di Jalan Raya Ir Soekarno Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang menjadi perhatian sejumlah pihak. Sabusu menjadi salah satu ikon sarana pengembangan seni dan budaya di Kab. Sumedang.

Untuk itu, sejumlah pihak berharap akan mengembalikan fungsi sabusu menjadi galeri seni dan budaya. Saat ini, sabusu sebagian digunakan untuk tempat usaha lain.

Di sisi lain berdasarkan informasi di lapangan, sebagian bangunan Sabusu di atas lahan aset Provinsi Jabar itu akan digunakan bangunan samsat outlet.

Kadisbudparpora Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, namun berapa unit bangunan yang akan gunakan samsat outlet, belum diketahui pasti. Mengingat hal itu baru perencanaan.

Untuk menindaklanjuti keberadaan sabusu itu, kata Endah, pihaknya akan menjalin pertemuan kembali dengan Provinsi Jabar.

“Tadi siang (kemarin, red) ada pertemuan membahas sabusu yang dihadiri Muspika Jatinangor, pengelola harian Sabusu (CV. Dwi Rizki Pratama) dan para penyewa,” kata Endah kepada wartawan seusai buka puasa bersama dengan Bupati Sumedang H. Ade Irawan di Jatinangor, Kamis (16/7/14).

Menurutnya, pihaknya selaku aparat pemerintahan setempat akan fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan rencana Pemprov Jabar yang akan memakai sabusu menjadi samsat outlet.

Ia juga berharap kepada pengelola harian sabusu untuk segera melaporkan hasil inventarisir aset Provinsi Jabar itu. Mengingat, katanya, kontrak pihak pengelola sabusu kepada pemerintah setempat sudah berakhir hingga 15 Agustus 2013 silam. Restribusi dari hasil pengelolaan sabusu ke kas pemerintah diketahui sebesar Rp 20 juta.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/