Kemendagri Libatkan KPK Rekrut Calon Praja IPDN, Apa Tujuannya?

by -16 views

Jatinangorku.com – Perekrutan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan dilakukan lebih selektif dan diperketat. Bahkan, dalam proses perekrutan tersebut, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, perekrutan yang selektif dan diperketat itu agar para lulusan IPDN bisa menjadi contoh yang bajn senagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) kedepannya.

“Perekrutan ini kita kerjasama dengan KPK, ahli psikologi dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” ujar Tjahjo seusaj menghadiri pelantikan Pamong Praja Muda angkatan XXII IPDNtahun 2015 dikampus IPDN, Senin (15/6).

Tjahjo menambahkan, KPK akan diberi ruang untuk melakukan tes integritas dan kejujuran kepada para calon praja. Agar anak-anaknyang akan menjadi kader-kader bangsa memiliki aift integritas dan sifat dasar kejujuran.

Karena, lanjut dia, sesuai evaluasi Komnas HAM pada periode sebelumnya, di Kemendagri tercatat 400 ornag lebih yang terkena masalah hukum. “Wvaluasi dan catatan dari Komnas HAM ini kita harus kikis habis ujarnya

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/