Kemenhub Segera Keluarkan Aturan Ojek Online

by -51 views

Kemenhub Segera Keluarkan Aturan Ojek OnlineKementrian Perhubungan segera mengeluarkan aturan mengenai angkutan berbasis online roda dua. Meskipun demikian, aturan tersebut hanya sebatas surat edaran dari Dirjen Angkutan Darat karena ojek tidak diatur dalam Undnag-undang sebagai angkutan umum.

Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan‎ Sugihardjo mengatakan, kendaraan roda dua berbasis online belum memiliki payung hukum. Kendaraan roda dua tidak diatur dalam Undanag-undang sebagai angkutan transortasi umum. “Karena tidak ada dalam Undang-undang, kami tidak bisa membuat aturan di bawahnya,”kata dia di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

Meskipun demikian, Sugihardjo mengatakan, keberadaan angkutan online roda dua harus diatur agar tidak terjadi konflik horizontal. Selain itu, faktor keamanan roda dua sebagai alat transportasi umum tergolong rendah‎. Biaya angkutan roda dua pun tergolong mahal jika dibandingkan transportasi umum yang lebih besar.

“Karena bagi angkot, sebenarnya yang mematikan itu adalah kendaraan roda dua online dibandingkan‎ mobil. Oleh karena itu, Kementrian Perhubungan melalui Dirjen Angkutan Darat akan mengeluarkan surat edaran mengena‎i transportasi online roda dua,” kata dia.

Meskipun demikian, menurut Sugihardjo, seharusnya angkutan online roda dua tersebut diatur oleh pemerintah daerah.‎ “Contohnya andong di Malioboro, kan termasuk angkutan umum tapi tidak masuk dalam Undang-undang. Pemerintah daerah Yogya lalu atur aspek kebersihannya dengan mewajibkan andong menggunakan kantong, begitu juga mengatur giliran sehingga semua andong bisa beroperasi dengan lebih adil. Begitu juga ojek, bisa diatur pemda sehingga bisa lebih tertib,”ujar dia.

Sementara itu Ketua DPP Organda, Adrianto Djokosoetono, mengatakan keberadan transportasi online roda dua perlu diatur. “Semakin ga diatur malah semakin mengganggu, tidak ada kesimbangan dg angkutan lain,”ujar dia.

Dia menambahkan, Organda tidak keberatan dengan penyesuaian Peraturan Menteri Perhubungan mengenai transportasi online. “Organda menyambut baik, peraturan ini untuk semua (konvensional dan online). Jadi untuk teman mitra online, silahkan segera memulai untuk mengurus izinnya,”kata dia

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com