Kemenpan Pangkas Kuota Mahasiswa IPDN

by -34 views

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) memangkas kuota penerimaan mahasiswa pendidikan tinggi negeri IPDN. Pemangkasan kuita tersebut ditujukan untuk merasionalisasikan jumlah mahasiswa.

Menpan RB, Yuddy Crisnandi mengatakan, pemangkasan kuotatersebut untuk menyesuaikan kebutuhan dan kuota di Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini terus membengkak.

“Tidak hanya di IPDN, dibeberapa kampus yang berada dibawah Lembaga Pendidikan Tinggi Negara juga kami pangkas. Ini untuk merasionalisasikan jumlah mahasiswa yang otomatis menjadi PNS,” kata Yudhi kepada Tribun seusai menghadiri puncak Dies Natalis Kepamongprajaan Ke-60 IPDN, di Kampus IPDN, Jatinangor, Kamis (17/3/2016).

Yudhi menambahkan, pemangkasan tidak hanya dilakukan di lingkungan pendidikan. Bahkan, di kabupaten/kota yang ada di indonesia pun seleksi masuk menjadi CPNS pun ikut dipangkaskuotanya. Meski begitu jumlah calon praja IPDN yang dipangkas mendominasi paling banyak.

“Biasanya IPDN menerima calon praja sampai 2500 orang. Tahun ini hanya sekitar 900 an. Belum lagi aturan seleksi yang diterapkan IPDN juga ketat. Dari 900 pun menjadi 750-an yang diterima,” kata Yuddy