Kenyamanan Warga Terganggu Proyek Apartemen di Jatinangor

by -362 views
jatinangorku.com – Dinilai mengganggu kenyamanan warga sekaligus menghambat arus lalu lintas, sejumlah warga di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, memprotes aktivitas pembangunan apartemen yang terjadi di beberapa titik.“Saya sangat setuju dengan pembangunan, apapun bentuknya. Akan tetapi, pembangunan itu harus berdampak positif dan bermanfaat khususnya bagi warga yang berdomisili di dekat proyek itu,” ujar A. Bustanul (39), warga Desa Cilayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Minggu (9/2).

Menurutnya, aktivitas beberapa proyek apartemen di Jatinangor selama ini justru dianggap mengganggu kenyamanan dan ketenangan warga. Truk besar keluar-masuk dari beberapa lokasi proyek apartemen seperti Taman Melati (Hegarmanah) dan Easton Park (Cibeusi), membuat arus lalu lintas tersendat.

“Salah satu dampak dari pembangunan proyek yang kami rasakan selama ini yakni keluar masuknya kendaraan besar yang dirasakan sangat mengganggu ketertiban. Ini sebagai bukti, proses pembangunan kurang berpihak kepada masyarakat,” katanya.

Meskinya, katanya, aspek-aspek dampak sosial dari pembangunan itu diprioritaskan oleh pengembang. Begitupun dengan unsur muspika, harusnya cepat tanggap terhadap keluhan warga. Sebab, keluhan warga merupakan prioritas utama yang sangat berdampak pada jalannya pembangunan.

Menanggapi permasalahan itu, Kepala Desa (Kades) Hegarmanah, Ana Suhana menyebutkan, keluhan warga khususnya yang berdomisili di sekitar proyek apartemen di wilayah Desa Hegarmanah sedang dalam proses pembahasan. Bahkan, sebagian sudah direalisasikan oleh pihak pengembang. Akan tetapi, dia juga tidak menyangkal, ada beberapa poin yang diajukan warga yang belum direalisasikan.

“Sebenarnya, keluhan dan permintaan warga terkait proyek pembangunan apartemen sudah diajukan dan dalam tahap pembahasan. Namun ada juga yang sudah direalisasikan. Kami juga mengakui ada beberapa permintaan warga yang belum dipenuhi pengembang seperti tempat pemakaman umum (TPU), dan lain-lainnya,” jelas Ana.

Lebih jauh kades mengatakan, pengajuan warga yang sudah direalisasikan pihak pengembang di antaranya fasilitas air bersih dan jalan gang. Pihak pengembang yang sudah memenuhi pengajuan warga salah satunya pihak apartemen Sky Land City.

(B.121)**