Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Masyarakat

by -748 views

Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Masyarakat

Jatinangorku.com – Budaya masyarakat merupakan segala tata cara kehidupan masyarakat sehari-hari. Budaya masyarakat dapat berupa cara berpakaian, cara bercocok tanam, atau cara bergaull antar anggota masyarakat. Masing-masing budaya merupakan kebiasaan luhur yang dijunjung tinggi dan dihormati oleh para pengikutnya.Dengan demikian, tidak perlu ada anggapan bahwa budaya tertentu lebih tinggi daripada budaya lainya.Keanekaragaman budaya merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus dilestarikan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama.

 I.            Pengertian Bhineka Tunggal Ika                                  

Indonesia terbentang dari sabang sampai Merauke, dari suku Ach sampai suku Asmat. Indonesia terdiri atas suku bangsa, adat istiadat, dan cara hidup yang beraneka ragam.

Setiap suku mempunyai jenis tarian, musik, dan bahasa yang unik.Tarian Jaipong berasal dari suku Sunda, tari Kecak berasal dari Bali, dan tari Lilin berasal dari suku Minang.Semua tarian tersebut bagus dan musiknya enak didengar.

Coba kamu Tanya teman-teman sekelasmu.Adakah yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia.Adakah temanmu yang bersuku Jawa, Bugis, Dayak, Sunda, atau Batak??

Sebagai contoh, Nia berasal dari Madura, Sukunya adalah Madura.Tono lahir di Jawa Tengah dan Orang tuanya Surakarta, maka Tono bersuku Jawa.

Adakah GambarBurung Garuda Pancasila di kelasmu?Coba perhatikan tulisan yang terdapat pada pita di kaku Burung Garuda tersebut. Tulisan apa itu?

Tulisan itu berbunyi Bhineka Tunggal Ika.Bhineka Tunggal Ika berasal dari bahasa Sansekerta.Artinya, walau berbeda-beda tetapi tetap satu.Meskipun kita berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda tetapi tetap satu satu, Negara KesatuanRepublik Indonesia.

2.     Pentingnya persatuan dalam Keragaman

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.Inilah ungkapan pejuang kita sebeum Indonesia Merdeka.Para Pejuang bertekad, dengan persatuan mereka dapat melawan penjajah dan merebut  kemerdekaan.Ungkapan ini harus kita ingat sebagai tekad mempersatukan bangsa kita yang beranekaragam.

Suroto berasal dari Jawa Tengah berarti suku Jawa, Ujang berasal dari suku Sunda.Jiung berasal dari suku Betawi.Sitohang berasal dari suku Batak.Andi berasal dari suku Bugis, Nyoman berasal dari Bali.Ahmad berasal dari suku Madura, Meilan berasal dari suku Tionghoa.

Mereka berbeda Agama, Ahmad dan Andi beragama Islam, Begitu juga dengan Ujang dan Jiung.Nyoman beragama Hindu, Sitohang beragama Kristen, Meilan beragama Kattholik, dan Suroto beragama Budha.Mereka belajar bersama, mengerjakan tugas bersama, dan bermain bersama.Mereka adalah warga Indonesia, Walaupun berbeda-beda, mereka tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbahasa satu, bahasa Indonesia, dan berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Ungkapan persatuan ini diucapkan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta dan disebut Sumpah Pemuda.Sumpah pemuda dikumandangkan di seluruh tanag air untuk menumbuhkan semangat kebersamaan yang dapat mempersatukan rakyat Indonesia.Keragaman suku, budaya, dan agama tidak bleh menimbulkan perpecahan di antara warga.Keragaman tersebut justru harus membuat kita bersatu sebagai bangsa Indonesia yang kaya budaya. Kita harus tetap bersatu agar dapat menjadi bangsa yang kuat dan disegani oleh Negara lain.

Ibarat lidi, jika dijadikan satu ikatan, maka lidi tersebut akan menjadi kuat dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Misalnya dipergunakan untuk menyapu, dan membersihkan tempat tidur.Tetapi kalau hanya satu atau dua batang, lidi tersebut mudah patah dan tidak banyak kegunaanya, jika kita hidup hanya sendiri, maka kita kebih mudah dikalahkan.

3.Bentuk – bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

Telah disebutkan bahwa setiap suku bangsa di Indonesia memiliki budaya masing-masing.Budaya tiap suku itu sering kita sebut sebagai budaya daerah.Budaya daerah ini memperkaya budaya nasional. Kita akan belajar mengenal beragam budaya yang dimiliki orang lain.

 a.    Pakaian Adat

Tiap-tiap daerah maupun provinsi mempunyai pakaian adat yang berbeda-beda.Perbedaan pakaian adat tersebut menunjukkan kekayaan budaya di negeri kita.

 b.    Tarian Daerah

Berbagai macam tarian daerah Indonesia memiliki arti dan tujuan masing-masing.Ada tari untuk menyambut kedatangan tamu.Ada juga tari yang berisi nilai-nilai keagamaan. Mari kita pelajari nama tarian, arti dan asalnya.

No Nama tarian Daerah Arti Tarian Daerah Asal
1.2. 3. SeudatiSaman MeuseukatRencong  Tarian bernuansa keagamaanBerisi ajaran kebijakan Mengusir penjajah  Nangroe Aceh Darussalam
4.5. Marsialap AriTor-Tor Sifat kegotongroyongan masyarakatFalsafah peradatan Sumatra Utara
6.7. PiringPayung Kegotongroyongan dalam tugasMelindungi kaun wanita Sumatra Barat
8.9. TandakJoged Lambak PergaulanPergaulan Riau
10.11. Sekapur sirihSelampit delapan PersembahanPergaulan muda-mudi Jambi
12.13. TanggaiPutri bekhusek Menjemput kedatangan TamuLambing kemakmuran daerah Sumatra Selatan
14.15. AndumBidadari teminang Anak Menyambut kedatangan TamuKasih sayang pada anak Bengkulu
16.17. JanggetMelinting Untuk Upacara adatCerita rakyat Lampung
18.19.20. YapongEnjot-enjotanRonggeng blantek Menghormati tamu-tamu NegaraKegembiraan muda-mudiMenyambut tamu agung DKI Jakarta
21.22.23. JaiponganPatilarasMerak Upacara atau ResepsiKegembiraan muda-mudiKehidupan burung Merak Jawa Barat
24.25. 26. SerimpiBambangan CakilBedaya Tarian keratin pada masa laluPerjuangan Arjuna melawan raksasa Tarian keratin oleh 9 orang Jawa Tengah
27.28. JejerReog Ponorogo Upacara DaerahKeperkasaan dan Kegagahan Jawa timur
29.30. MonongZapin Tembung Penolakan pada penyakitBerisi Tentang Pergaulan Kalimantan Barat
31. 32. Tambun dan BungaiBaleab Dadas Kepahlawanan Memohon Kesembuhan Kalimantan Tengah
33. 34.  Sinoman Hadra RudatRadab Rahayu Iringan penganten atau menyambut tamuUpacara Perkawinan Kalimantan Selatan
35.36. Gongperang Penyambutan TamuPerang berebut Gadis Kalimantan Timur
37.38. MaengketPalopalo Suasana Kasih sayangPergaulan muda-mudi Sulawesi Utara
39.40.41. KalandaMamosaLumense Menyambut kedatangan tamuTarian perangMenyambut tamu agung Sulawesi tengah
42. 43. Sitempa-tempaBosara  Upacara merayakan keberhasilan Menyambut tamu agung Sulawesi Selatan
44.45. BalumpaDinggu Menyambut tamu agungGotong royong menumbuk padi Sulawesi tenggara
46.47. LensoCakalele Pergaulan rakyat MalukuKepahlawanan raksasa Maluku
48. 49. Selamat datangmusyoh Menyambut tamu agung Untuk mengusir arwah Irian jaya / papua
50.51. KecakLegong Perjuangan melawan angkara murkaKisah cinta raja dan lasem Bali
52. 53. Mpaa Lenggo Sere Menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAWTari prajurit penyambut tamu Nusa Tenggara Barat
54.55. CeranaPerang Menyambut tamuKeperkasaan dan kepandaian memainkan senjata Nusa Tenggara Timur

 c.     Lagu Daerah

Pernahkah kamu menyanyikan lagu-lagu daerah? Lagu apa saja yang pernah kamu nyanyikan? Berikut ini judul-judul lagu daerah di beberapa provinsi di Indonesia

No. Judul nyanyian daerah Daerah asal
  Bungong jempa Nangroe Aceh Darussalam
  Sinanggar Tulo, Anju Ahu Sumatra Utara
  Hujan laruik, Kambanglah Bungo Sumatra Barat
  Soleram Riau
  Injit-injit semut Jambi
  Kabile-bile Sumatra Selatan
  Lalan Balek Bengkulu
  Lipang – Lipangdang Lampung
  Kicir – kicir , Jali – jali DKI Jakarta
  Bubuy bulan, Tokecang Jawa Barat
  Suwe ora jamu, lir-ilir, gambang Suling Jawa tengah
  Dandang Gula, Pitik Tukung DI Yogyakarta
  Tanduk Majeng Jawa Timur
  Cik – cik periok Kalimantan Barat
  Kelayar, Tumpi Wayu Kalimantan Tengah
  Ampar – Ampar pisang Kalimantan Selatan
  Indung – Indung Kalimantan Timur
  Sipatokan Sulawesi Utara
  Tope Gugu Sulawesi Tengah
  Angin Mamiri Sulawesi Selatan
  Pela tawa – tawa Sulawesi tenggara
  O Ulate Maluku
  Apuse Papua ( Irian Jaya )
  Janger Bali
  Orien – orien Nusa tenggara Barat
  Caca Marica, Bolelebo Nusa Tenggara Timur

d.    Ungkapan Bahasa Daerah

Ada berbagai macam ungkapan dalam bahasa daerah yang terdapat di setiap provinsi.Misalnya, Jawa Tengah memiliki ungkapan becik ketitik olo ketoro. Artinya, perbuatan baik akan diketahui dan perbuatan jelek akan jelas terlihat.

Sumatra Utara, tepatnya di Nias, memiliki ungkapan yang bernada salam untuk orang Nias, yaitu ya’ohowu. Artinya, selamat berjumpa atau selamat datang.

Di Jawa Barat ada ungkapan ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salebak. Artinya, selalu bekerja sama dalam menyelesaikan sesuatu.

e.    Makanan Khas daerah

Kita dapat menemukan berbagai makanan khas di setiap provinsi.Makanan khas ini disebut juga makanan tradisional.Makanan khas daerah ada yang berupa kue, ada juga yang berupa makakan atau lauk makanan.

Di Jawa Tengah ada klepon, jenang, dan serabi. Di Jakarta ada ketoprak, di Jawa Barat ada karedok, di Yogyakarta ada gudeg, dan di Sumatra Barat ada rendang.

 f.      Rumah Adat

Masing – masing suku bangsa mempunyai rumah adat. Berbagai bentuk tiruan rumah adat ini dapat kita lihat di taman Mini Indonesia Indah atau terdapat pada museum.

g.    Senjata

Masing – masing daerah juga mempunyai jenis senjata khas daerah. Senjata khas dari daerah Jawa ada keris, di Aceh ada rencong, di Jawa Timr dan Madura ada clurit, di Jawa barat ada kujang, di Suku dayak ada Mandau, dan di Papua ada panah.

Sumber : http://blog2.tp.ac.id