Ketegaran Pejuang Indonesia

by -332 views
Jatinangorku.com – Seorang Veteran makan nasi bungkus dan minum segelas air mineral di pinggir trotoar, dengan TETAP BANGGA menggunakan seragam “perjuangan”nya.
Foto di atas adalah seorang Veteran (Pahlawan yang Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia), dan Bangsa Indonesia HANYA memberikan tanda jasa sebesar Rp. 22 ribu per bulan untuk setiap Veteran. 
Saya terlahir sebagai salah satu cucu dari Pejuang Kemerdekaan Indonesia (Ayah dari mama saya adalah seorang pejuang di Yogyakarta yang memiliki jabatan/posisi pada jamannya #pasti tahu donk kalau Yogyakarta dulu pernah menjadi Ibukota Indonesia untuk sementara waktu), dan saya SANGAT TAHU apa saja yang telah dikorbankan Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia dari cerita mama dan bude-bude saya, bagaimana kakek dan keluarganya (istri dan anak-anaknya) lari dari kejaran penjajah Belanda, dan terpisah untuk sementara waktu, tidak hanya keluarga, harta, tetapi juga nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia. Bagaimana rumah kakek di Jalan Bausasran, Yogyakarta saat itu dibom dan Alhamdulillah-nya yang terkena ledakan bom itu hanya sebelah kanan dan kiri rumah kakek sedangkan rumah kakek tidak terkena bom sama sekali dan dalam waktu 5 menit saja kakek saya tidak sempat melarikan diri pasti sudah dibunuh oleh penjajah Belanda (semua itu karena masih dilindungi Tuhan, makanya tidak heran karena bantuan Tuhan : Bangsa Indonesia yang hanya bermodalkan senjata bambu runcing bisa MERDEKA, sedangkan penjajah menggunakan senjata-senjata yang sudah sangat canggih seperti bom).
Dari gambar tersebut dan tanda jasa buat Veteran, pertanyaan besar yang ada dalam benak saya adalah APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA?
Semoga Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia termasuk kakek saya mendapatkan Surga-Mu Ya Allah, aamiin, karena dengan jasa-jasa mereka kami (Rakyat Indonesia) sekarang bisa hidup enak, nyaman, dan bahagia, bahkan Bangsa Indonesia ini yang telah KAU perjuangkan mati-matian yang telah melupakan jasa-jasa KALIAN. Hanya itu yang bisa saya berikan kepada Para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yaitu doa yang tulus agar KALIAN mendapatkan Surga Allah di akhirat kelak, aamiin Ya Allah.
Artikel ini bukan untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia, tapi untuk menghormati perjuangan Para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia = saya dedikasikan tulisan ini khusus untuk KALIAN sebagai Penghargaan Setinggi-Tingginya atas Seluruh Pengorbanan Para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, dan Semoga Kami (Rakyat Indonesia) bisa TETAP melanjutkan Perjuangan KALIAN dengan cara membangun dan mengharumkan INDONESIA dengan profesi Kami (Rakyat Indonesia) masing-masing di mata dunia..Kemerdekaan tidak akan pernah lepas dari yang namanya perjuangan.Perjuangan selalu erat dengan para pejuang yang rela menyerahkan nyawanya untuk kemerdekaan.Para pejuang yang seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih,sekarang yang terjadi malah bagaikan tidak diperhatikan.
Suatu contoh nasib menyedihkan yang dialami seorang pejuang Kemerdekaan yang saya kutib dari kaskus,
Seorang dari ratusan ribu veteran kemerdekaan yang mengalami nasib yang sama.Bapak Sidi namanya,seorang berumur mendekati 90 tahun yang berbadan sedikit bungkuk,wajahnya sudah mulai rentan tetapi masih berjuang untuk mencari sesuap nasi.

Beliau paling suka menggunakan seragam dinasnya semasa perjuangan.Ketika ditanya alasannya beliau menjawab,“inilah kebanggaan saya, saya pejuang, dan masih berjuang….”
Tampak diatas adalah foto beliau yang sedang memakan nasi,hasil kerja keras mencari sesuap nasi di masa tua yang seharusnya tidak perlu dilakukan seorang pejuang.

Dahulu beliau memperjuangkan tanah Indonesia demi mencapai kemerdekaan.Sekarang beliau tidak dapat menikmati banyak,rumahnya tertutupi oleh dinding Mall yang dulu tanahnya diperjuangkan dengan seluruh jiwa raga.

Foto dalam rumah beliau yang sudah reyot dan penuh tambalan.Dimanakah keadilan di Negri ini?
Bapak Sidi bukanlah seorang pejuang yang kurang beruntung tetapi masih ada ratusan ribu pejuang lain yang bernasib sama.Marilah kita saling membantu,apalagi kalau kita tahu orang yang kekurang adalah orang yang telah membantu kita jauh dari sebelum kita mendapatkan kemerdekaan dan jauh dari sebelum kita lahir.

Ketegaran Pejuang Indonesia