Ketua DPRD Sumedang Siap Susun Tatib

by -22 views

Jatinangorku.com – Ketua DPRD Sumedang Irwansyah siap menyusun tata tertib (tatib) DPRD Sumedang. Menurutnya, tidak akan banyak perubahan mendasar dalam penyusunan ini sepanjang masih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada.

Irwansyah juga tak akan menyusun tata tertib dengan tujuan dan kepentingan politiknya.

“Tugas pertama kami setelah ada pimpinan adalah menyusun tatib, sesuai kebutuhan saja, tidak akan mengganggu kondisivitas politik karena tujuannya bukan mencari kepentingan politik,” kata Irwansyah saat ditemui di ruangannya saat hari pertama bekerja sebagai Ketua DPRD Sumedang, Jumat (5/9/2014).

Menurut Irwansyah, tatib yang akan disusun merujuk pada PP No 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD. Perubahan yang dimungkinkan terjadi misalnya perubahan pembagian komisi dan penetapan tugasnya.

“Sekarang kan yang banyak diminati itu Komisi A karena salah satu urusan kerjanya adalah bidang pemerintahan. Tapi kalau saya mengubah tugas komisi tersebut diganti ke komisi lainnya sebenarnya bisa saja, tinggal nanti apakah anggotanya ikut pindah atau tidak,” kata Irwansyah.

Setelah tatib, pimpinan akan membentuk alat kelengkapan. Sejumlah fraksi sudah menyebutkan nama-nama anggotanya yang akan mengisi jabatan di komisi. Nama-nama itu akan diusulkan dan dirapatkan dalam paripurna.

“Saya kira sejumlah nama juga sudah disebut-sebut ya, baik untuk komisi maupun alat kelengkapan lainnya, dan penetapan nantinya sesuai dengan kapasitas anggota,” kata Irwansyah.

Irwansyah mengakui sejumlah anggota, terutama yang sebelumnya juga terpilih menjadi dewan, sudah mempunyai kelebihan dan kemampuan masing-masing. Namun, hal itu tergantung dari usulan fraksi.

Sementara, badan kelengkapan kini akan dipimpin langsung oleh pimpinan. Selanjutnya, pimpinanlah yang menentukan akan membutuhkan ketua harian atau tidak.

“Seperti badan anggaran dan lain-lain, jika pimpinan tidak membutuhkan ketua harian maka tidak akan ada jabatan itu,” ujar Irwansyah.

Rencana kerja berikutnya, lanjut Irwansyah, menyusun rencana peraturan daerah yang sudah terjadwal. Sedangkan, rencana interpelasi yang sempat memanas di akhir periode dewan lalu, Irwansyah mengatakan akan pikir-pikir dulu.

“Belum ada rencana ke sana, pikir-pikir dulu, nanti kita lihat situasi dan kondisi pemerintahannya seperti apa,” pungkas Irwansyah

Sumber : http://www.inilahkoran.com/