Khasiat Bawang Putih Untuk Mengtasi Masalah Rambut Dan Ketombe

by -41 views

Jatinangorku.com – Bagi sebagian besar orang Indonesia, ketombe pada kulit kepala masih menjadi masalah utama.  Ketombe sebenarnya tidak berbahaya sama sekali. Penyebab Ketombe adalah kondisi kronis yang terjadi pada kulit kepala pada saat kulit kepala kita menjadi kering atau berminyak. Kondisi ini menghasilkan serpihan putih dari kulit mati atau juga di sebut ketombe. Ketombe biasanya terjadi pada awal usia 10 tahun dan 40% orang yang mengalami ketombe adalah orang yang berusia di atas 30 tahun.

Normalnya sel-sel kulit terbentuk secara terus menerus pada kulit kepala. Hal ini menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati pada kepala. Bisa dikatakan hal ini pasti terjadi pada setiap orang. Ketombe bisa terjadi karena proses pergantian sel kulit pada kulit kepala anda terjadi lebih cepat daripada biasanya. Pada akhirnya minyak dari kulit kepala menyebabkan sel-sel kulit mengumpul dan menjadi serpihan putih atau disebut juga ketombe. Ada beberapa hal yang menyebabkan ketombe. Yaitu kulit kering, tidak cocoknya kulit kepala dengan produk rambut dan permasalahan kulit kepala seperti psoriaris, dermatitis seboroik atau eksim. Ketombe juga bisa disebabkan oleh stress, hormon, terlalu banyak minyak pada kulit kepala dan permasalahan dengan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, banyak orang melakukan perawatan rambut karena masalah tersebut. Selain menganggu kenyamanan, ketombe juga mengurangi keindahan rambut. Tetapi, tahukah anda ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam bahan pangan yang dapat membantu mengurangi produksi ketombe di kulit kepala. Salah satunya adalah bawang putih.

Khasiat kesehatan bawang putih sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih dikenal mengandung berbagai zat bermanfaat untuk membantu penyembuhan. Khusus untuk ketombe, bawang putih juga bisa membantu mengurangi timbulnya serpihan putih di rambut tersebut.

Hal ini karena bawang putih mengandung zat bernama allisin. Zat tersebut bisa berfungsi sebagai anti jamur alami yang bermanfaat. Allisin dalam bawang putih meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan bawang putih juga memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri pada kulit kepala. Manfaat tersebut dapat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Memperkuat akar rambut, mengeluarkan racun kulit kepala dan meningkatkan tekstur rambut, sehingga dapat menyingkirkan ketombe dan mencegah nya terjadinya kembali.

Untuk mengurangi serangan ketombe, bawang putih dapat dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit. Caranya, geprak bawang putih lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah digeprak, bawang putih memproduksi semakin banyak allisin. Setelah itu bawang putih dapat digunakan untuk bumbu masakan atau masker rambut. Untuk masker rambut, agar lebih nyaman campur bawang putih yang sudah dihancurkan (bukan diiris) dengan madu murni. Balurkan pada rambut, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan bau bawang putih pada rambut.

Bawang putih yang selama ini memiliki bau yang banyak di benci orang banyak ternyata sangat efektif untuk menghilangkan ketombe. Bawang putih adalah bumbu masakan yang umum digunakan di Indonesia, namun bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya akan kandungan senyawa yang berguna, salah satunya untuk mencegah ketombe dan merawat rambut.