Kini Instagram Bisa Dipakai Tanpa Jaringan Internet

by

DALAM acara F8 (Facebook Developer Conference), Instagram mengumumkan bahwa aplikasi tersebut kini bisa digunakan tanpa akses internet atau mode offline. Fitur tersebut baru hadir di perangkat Android. Alasannya, menurut survei, pengguna Android saat ini lebih banyak di seluruh dunia.

Salah satu pengembang dari Instagram, Hendri mengatakan bahwa fitur offline itu dapat membuat pengguna melihat konten yang telah muncul ketika sebelumnya menggunakan instagram dalam mode online atau melalui akses internet dan dapat melihatnya kembali ketika sedang dalam mode offline. Demikian dilaporkan Techcrunch.

Dalam mode offline juga, Anda bisa memberi komentar pada kolom komentar, mengunduh media, atau bisa ”unfollow” dan ”follow” seseorang. Hal tersebut akan bereaksi ketika Anda kemudian memiliki akses internet. Dengan kata lain, Anda bisa menyimpan data yang telah diuubah dalam mode offline tanpa perlu mengulang perintah yang telah Anda lakukan ketika sudah bisa online.

Dalam mode offline, Anda bisa membuka akun seseorang yang sudah Anda kunjungi dan bisa dibuka kembali pada mode offline tanpa perlu memuat ulang akun tersebut. Gambar yang sudah Anda lihat ketika di mode online akan tetap muncul pada mode offline.

Instagram menilai fitur itu perlu diciptakan karena dapat membantu Instagram tetap berkembang secara global. Iinstagram juga menghadirkan fitur tersebut menanggapi isu jaringan internet yang semakin mahal untuk dimiliki dan kualitas koneksi internet yang biasanya tidak stabil.

Instagram mengikuti jejak Facebook yang terlebih dulu meluncurkan aplikasi Facebook Lite, aplikasi facebook yang hanya membutuhkan ukuran lebih kecil dari Facebook Mobile dengan fitur mengunduh data yang lebih cepat tanpa membutuhkan waktu lama.